Cara Sharing Printer ke Komputer Lain Melalui Wifi

Cara Sharing Printer ke Komputer Lain Melalui Wifi

TEKNOFLAS.COM – Ada cara sharing printer ke komputer lain melalui wifi agar kamu tidak perlu antri ketika harus mencetak file. Tentu saja tetap harus menunggu dengan pengguna komputer lain, tapi lebih praktis karena tidak perlu transfer file ke komputer yang terhubung langsung dengan bantuan kabel.

Sebelum memanfaatkan mesin cetak dokumen, ada hal penting jika ingin menggunakan wifi sebagai alat mempermudah pencetakan dokumen. Yang utama adalah harus memastikan bahwa baik handphone maupun PC sudah terkoneksi dengan jaringan internet nirkabel serupa.

Tujuannya untuk membuat Homegroup sehingga jika tidak tersambung pada jaringan wifi seragam, Homegroup tidak bisa dibuat. Itu artinya koneksi terhadap penggunaan printer juga tidak bisa dilakukan. Lantas apa hal lain yang mempengaruhi cara sharing printer ke komputer lain melalui wifi? ini dia ulasannya!

Cara Sharing Printer dengan Wifi

Setelah kedua perangkat terkoneksi langsung dengan jaringan internet nirkabel serupa maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan printer. Adapun hal-hal yang harus diperiksa adalah:

  1. Memastikan drivernya sudah terpasang pada setiap PC.
  2. Kabel USB terhubung langsung dengan salah satu PC.
  3. Semua perangkat terhubung dengan wifi.

Setelah ketiga hal di atas terpenuhi maka selanjutnya beranjak ke bagian membagikan koneksi printer. Caranya:

  1. Klik icon wifi atau koneksi internet di ujung kanan atas.
  2. Nantinya ada jendela Set Network Location.
  3. Terdapat beberapa pilihan, kamu harus memilih Home Network agar bisa membentuk Homegroup.
  4. Buat Homegroup dan centang printer untuk bisa mengakses komponen tersebut dari banyak PC.
  5. Teruskan langkah sesuai prosedur hingga selesai.
  6. Nantinya akan dimunculkan password yang bersifat rahasia dan hanya boleh diakses oleh anggota Homegroup saja.
Baca Juga  Begini Cara Menyambungkan WIFI yang Tidak Terhubung ke Smartphone

Dengan memperhatikan berbagai hal di atas, selanjutnya kamu bisa melakukan cara sharing printer ke komputer lain melalui wifi dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pergi ke menu Start kemudian pilih Devices and Printer.
  2. Nanti akan terlihat apakah penambahan printer tertentu berhasil atau tidak. Jika ya, maka muncul nama printernya.
  3. Jika ada maka klik kanan pada iconnya kemudian pilih Printer Properties.
  4. Coba buka dokumen tertentu kemudian tes cetak.
  5. Jika berhasil maka selesai sudah.

Sebelum masuk ke tata cara sharing printer ke komputer lain melalui wifi, lebih dulu kamu harus paham mengenai apa yang dipersiapkan. Satu demi satu langkah harus dilakukan dengan tepat.

Cara Transfer File dari PC ke Android via Wifi

Saat ini sistem transfer file sudah dipermudah dengan adanya fasilitas internet nirkabel, alih-alih kamu menggunakan USB. Ada beberapa langkah bisa ditempuh, jika dijabarkan akan menjadi:

1. Memanfaatkan Situs 9c.nu

Kunjungi situs 9c.nu dari PC maupun handphone kemudian coba ketik beberapa teks pada bagian teks below. Jika kamu mengetik dari komputer kemudian muncul juga di handphone maka pairing berhasil.

2. Menggunakan LanNote

Layanan ini lebih variatif karena bukan hanya teks yang bisa dikirimkan, namun juga berbagai ekstensi, seperti gambar, dokumen, dan juga link. Karena layanannya, situs LanNote sangat pas apabila digunakan oleh orang kantoran.

3. Via Snapdrop

Snapdrop.net merupakan layanan yang cocok untuk berbagai kategori PC. Bisa digunakan pada Windows, Linux, dan juga Mac OS X. Penggunaannya sangat mudah, tinggal klik icon kemudian pilih file yang nantinya akan dibagikan.

Berbagai pilihan situs di atas dapat mempermudah kamu dalam mengirim file supaya bisa mengakses printer untuk pencetakan dokumen secara lebih mudah. Dengan begitu, cara sharing printer ke komputer lain melalui wifi tidak akan menghadapi kendala berarti.

Baca Juga  Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *