cara sharing printer dengan wifi

Cara Sharing Printer dengan WIFI Agar Menghemat Waktu

TEKNOFLAS.COM Cara Sharing Printer dengan Wifi menjadi salah satu opsi terbaik dalam menekan anggaran. Dengan begini setiap perusahaan tidak perlu lagi membeli printer baru. Cukup lakukan share melalui jaringan dari LAN atau perangkat sejenis WIFI. Cara mudah memahaminya seperti ini setiap orang pasti membutuhkan alat cetak.

Untuk mencetak sebuah dokumen. Hanya saja, dalam satu ruangan terdapat 5 komputer. Harusnya mempunyai 5 jenis perangkat cetak. Tetapi, hal tersebut membuat anggaran jadi bengkak. Karena, zaman sudah berkembang pesat, saat ini setiap alat cetak sudah dilengkapi teknologi berbagi. Jadi, cukup satu saja.

Kemudian, mengaktifkan fasilitas tersebut dan dokumen dari semua komputer dapat dipindahkan melalui lembaran kertas. Untuk dapat melakukannya kamu harus tahu bagaimana cara membuat printer berbagi dengan wifi. Siapkan dahulu berbagai macam peralatannya. Satu set perangkat dan kabel jangan lupa.

Sebelum digunakan kamu harus pastikan dulu device alat cetak tersebut sudah terhubung ke komputer. Jika, belum bisa install terlebih dulu perangkat lunaknya. Setelah selesai, cobalah mencetak satu artikel. Bila berhasil maka sudah terhubung, jika, gagal coba ulangi lakukan penginstallan.

Cara Sharing Printer dengan Wifi

Tahap selanjutnya adalah buka pengaturan pada windows melalui tombol start. Bisa juga control panel. Setelah jendela terbuka, ada banyak pilihan sudah tersedia sesuai kebutuhan. Karena, berhubungan dengan internet. Pilihan saja Network and Internet langkah berikutnya, buka network and sharing center.

Ada banyak pilihan menu lagi, pilih untuk mengubah pada pengaturan berbagi. Langkahnya masih berlanjut lagi belum usai. Dari sini, kamu akan diarahkan beberapa menu opsi. Pilihannya banyak tetapi fokuskan pada satu perintah yaitu, berbagi perangkat file printer. Kemudian, pilih semua jaringan.

Baca Juga  Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

langkah tersebut memastikan hampir semua perangkat komputer dapat untuk mengakses. Jangan lupa untuk matikan kata sandi. Agar langsung terhubung dengan sendirinya. Bila mengaktifkan, mereka harus tahu dulu apa sandi tersebut. Hal ini akan memperlambat kinerja lainnya. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan dan perubahannya.

Cara Sharing Printer dengan Wifi berikutnya, install dulu device caranya, buka terlebih dulu windows setting lalu tekan kata “device”. Perhatikan beberapa pilihan menunya, karena akan berbagai perangkat tekan device and printer. Pilihan salah satu device mana yang akan bagikan kepada komputer lainnya. Kemudian, perintahkan untuk berbagi.

Caranya pilih menu see whats printing dan properti pada perangkat cetak. Selanjutnya, centang share this printer. Bila ingin mengubah namanya, bisa langsung ganti saja melalui share name, tekan OK. Sehingga, Perangkat lain dapat melihat nama baru sesuai keinginan kamu.

Tahap Terakhir Adalah Tahapan Penting

Setelah proses dia tas sudah dilakukan saatnya melihat apakah cara setting printer sharing dengan wifi. Sudah bisa diakses atau belum. Sebelum mencoba kamu harus memastikan terlebih dulu bahwa, komputer lain sudah terkoneksi WIFI. Jika tidak, proses berbagi perangkat pasti gagal karena, tidak dapat mendeteksinya.

Cara Sharing Printer dengan Wifi selanjutnya, sesuai petunjuk di atas. lalu, dilanjutkan pilih file explorer, pilih network untuk melihat berapa device yang akan terhubung dengan komputer lain. Tekan mouse bagian kanan pada nama printer lalu pilih untuk menghubungkannya. Cobalah lakukan pencetakan.

Bila berhasil maka, sudah terhubung dan bisa digunakan. Tetapi, bila belum coba teliti satu per satu. Mungkin, ada langkah atau tahapan yang keliru. Jadi, sulit untuk terkoneksi. Ada banyak manfaat dari berbagai tersebut salah satunya adalah mampu bertukar data satu sama lain jadi lebih hemat.

Baca Juga  Cara Transfer File dari PC ke Android via WiFi

Berbagai menggunakan perangkat cetak ini hanya dapat digunakan dalam satu ruangan saja atau sesuai jangkauan wifi. Jadi, jangan terlalu jauh agar hasilnya dapat terdeteksi. Cara Sharing Printer dengan Wifi ini cukup mudah, hanya saja kamu harus teliti agar dapat terkoneksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *