Diabetes Mellitus

Apa Itu Diabetes Mellitus?

TEKNOFLAS.COM – Pada tahun 1552 Sebelum Masehi, di mesir dikenal penyakit yang ditandai dengan sering kencing dalam jumlah yang banyak (poliurial), dan penurunan berta badan yang cepat tanpa disertai nyeri. Berikutnya pada tahun 400 Sebelum Masehi, penulis India, Susharatha menamakan penyakit tersebut penyakit kencing madu (Honey Urine Disease).

Pada akhirnya, Aretaeus pada tahun 200 Sebelum Masehi adalah orang yang pertama kali memberi nama Diabetes, berarti “mengalir terus” dan mellitus berarti “manis”. Disebut diabetes, karena selalu minum dan dalam jumlah banyak (polidipsia), yang kemudian “mengalir” terus berupa air seni (urine). Disebut mellitus karena air seni penderita ini mengandung gula (manis). Intinya diabetes adalah penyakit sering buang air kecil /kencing yang manis karena banyak mengandung glukosa(gula). Tidak Heran jika penyakit ini sering disebut kencing manis

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit di mana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah cukup tinggi diakibat tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup. Insulin adalah hormon yang dikeluarkan oleh pankreas yang mengontrol agar gula darah tetap stabil. Insulin memasukkan gula ke dalam sel, sehingga bisa memproduksi energi atau disimpan sebagai cadangan energi. Secara definisi medis, diabetes timbul pada seseorang yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya permanen maupun sementara.

Diabetes mellitus sangat erat hubunganya dengan mekanisme pengaturan gula normal. Pada kondisi normal, kadar gula tubuh akan selalu terkendali, berkisar anatar 70 sampai 110 mg/dl, oleh pengaruh kinerja hormon insulin yang diproduksi oleh kelenjar pankreas. Hormon insulin akan mempengaruhi gula dalam darah agar masuk ke berbagai sel yang ada dalam tubuh  agar bisa dipakai sebagai bahan atau cadangan energi dalm sel itu.. Sel otot kemudian menggunakan gula untuk beberapa kerluan yakni sebagai energi, sebagian disimpan sebagai glikogen, dan jika masih ada sisa-sisa sebagian tersebut diubah menjadi lemak dan protein.

Baca Juga  9 Cara Sederhana Menghindari Penyakit Degeneratif

Demikian artikel tentang apa itu diabetes mellitus semoga setelah membacanya sauadara dapat mengerti tentang definisi tentang diabetes mellitus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *