cara mengetahui aktivitas pengguna wifi

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi Supaya Bisa Dibatasi

TEKNOFLAS.COM – Saat ini cara mengetahui aktivitas pengguna wifi banyak sekali dicari karena kenyamanan yang sering terganggu dari para pemiliknya. Umum kita melihat kasus di mana banyak orang memakai sebuah jaringan milik orang lain tapi penggunaannya tidak menggunakan aturan. Hasilnya sang pemilik pasti merasa paling dirugikan disini.

Kerugian paling umum yang bakal kamu rasakan bila terlalu banyak pemakai jaringan pribadi adalah lambatnya akses internet. Nantinya bakal terlalu banyak loading bahkan gagal saat mengirim file atau dokumen penting untuk pekerjaan. Maka dari itu harus dilihat aktivitas pemakaian WiFi supaya selanjutnya dapat kita batasi.

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi via Software dan Router

Untuk cara pertama pastinya paling mudah bila menggunakan software saja, di mana direkomendasikan memakai Wireshark. Fitur didalamnya mampu secara detail melakukan analisis data dan history bagi semua pengguna jaringan pribadi milik kamu. Selain itu menu dan pengaturan didalamnya sangat mudah dimengerti bahkan oleh orang awam.

Cara melihat pengguna wifi mudah diketahui karena tinggal memilih jaringan dan klik scan atau mulai saja. Semua riwayat website yang dikunjungi bisa dilihat baik untuk iseng atau sekedar memantau saja. Tapi karena bukan bawaan, maka download terlebih dulu di website resminya dan segera install.

Menggunakan aplikasi ini, tinggal sambung dulu dengan jaringan wifi milik pribadi dan pilih Ethernet sebagai langkah lanjutan. Lalu langkah terakhir, tinggal klik start dan semua riwayat aktivitas dapat diketahui. Sementara itu cara mengetahui aktivitas pengguna wifi lainnya yakni memakai router yang tergolong dalam hardware komputer.

Disini kamu perlu memanfaatkan penghubung jaringan tersebut karena didalamnya memakai fitur firmware. Apalagi tidak perlu download karena memang sudah bawaan dari awal. Untuk memulainya mengecek atau melihat riwayat aktivitas jaringan bisa dibuat custom dulu. Ada menu URL Logging yang perlu kamu atur sebelumnya.

Baca Juga  Alasan Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Serta Mengatasinya

Selain itu pakai juga opsi OpenWrt saat melaksanakan custom pada firmware router. Tapi lebih baik harus tahu dulu cara kerjanya karena mungkin panduannya cukup rumit dilengkapi istilah-istilah ala IT. Kalau perlu melihat tutorial video karena mampu mempermudah pengaturan router tersebut.

Mencoba Cek Riwayat Jaringan Internet dengan Proxy

Alternatif lain yang dapat dicoba yaitu menggunakan proxy di mana kegunaannya memang sangat melimpah. Disini bisa membuat kita menuju ke traffic jaringan internet milik kita sendiri. Hasilnya sangat mudah apabila mau melihat kegiatan pengguna internet, baik disambung memakai handphone atau laptop.

Cara mengetahui aktivitas pengguna wifi memakai proxy ini nantinya bakal terlihat saat mengecek log dalam sistem. Hal ini disebabkan karena log tersebut memang sengaja kita buat supaya setiap link atau website yang dikunjungi bakal masuk proxy. Inilah waktunya kita memantau dan mengecek segala aktivitas browsing.

Semua cara tersebut bukan hanya penting buat pribadi tapi juga orang lain, apalagi bila tujuannya membatasi pengunduhan wifi dengan mengunjungi website ilegal. Mungkin paling parah melakukan transaksi berbahaya sehingga alamat IP dilakukan di rumah kita, hasilnya bakal terkena imbas kerugian besar.

Mengecek dan memantau pemakaian browsing memakai jaringan wifi pribadi juga bisa mencegah virus tidak menghinggapi perangkat. Tambah bermanfaat lagi karena bisa saja menghilangkan kemungkinan munculnya jaringan internet palsu di mana mungkin berisi virus atau malware berbahaya.

Semua panduan tersebut harus diketahui oleh semua pemilik jaringan rumahan karena kenyamanan seringkali terganggu dengan banyaknya pemakai. Lalu mungkin saja hanya sedikit pengguna tapi pemakaian data terlalu banyak sehingga bisa dibatasi. Jadi, cara mengetahui aktivitas pengguna wifi ini bisa membuat kamu kembali nyaman menikmati internet.

Baca Juga  Cara Sharing Printer dengan WIFI Agar Menghemat Waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *