cara mengganti kata sandi wifi

Cara Mengganti Kata Sandi WiFi Demi Keamanan dan Kenyamanan

TEKNOFLAS.COM – Mengetahui cara mengganti kata sandi wifi adalah salah satu pengetahuan paling wajib untuk dimiliki semua pemilik. Hal ini sendiri berhubungan dengan keamanan karena jaringan internet semacam ini ternyata sering dibobol dengan mudahnya. Maka dari itu kadang kita temukan tiba-tiba berhasil digunakan oleh orang asing disekitar.

Mungkin setelah kita ganti, orang disekitar bakal protes tapi tidak masalah karena memang milik pribadi dan digunakan buat kepentingan. Apalagi kenyamanan juga menjadi pertimbangan buat kita rajin ganti password secara rutin. Disini kamu bisa memakai dua cara paling mudah yaitu menggunakan perangkat pc atau smartphone.

Cara Mengganti Kata Sandi WiFi Lewat PC dan Smartphone

Jika kamu berniat membatasi penggunaan wifi orang asing, bisa mempertimbangkan memakai pc karena caranya paling mudah. Kamu bisa menghubungkan ke jaringan WiFi terlebih dulu lalu masuk saja ke browser dan klik link 192.168.1.1. sebagai alamat tujuan. Selanjutnya masukkan username beserta password saat ini.

Perlu diketahui jika pergantian password wifi baru pasang dan sudah lama cukup berbeda. Kalau masih baru dipasang, kamu harus mencari fitur Network beserta WLAN. Selanjutnya pilih menu atau fitur Security dan tinggal masukkan password barunya. Hal ini perlu dilakukan karena wifi baru sangat rawan terbobol.

Kalau sandi terbaru sudah berhasil kamu masukkan, tinggal Submit. Sementara itu cukup berbeda jika Wifi pemasangannya sudah cukup lama, maka cara mengganti kata sandi wifi dengan terlebih dulu masuknya ke Network dan cari pilihan WLAN. Selanjutnya klik menu SSID Setting disana dan masukkan password baru.

Sebenarnya tidak jauh berbeda bila mau memakai panduan menggunakan smartphone karena sama-sama sederhana. Kamu tinggal buka saja aplikasi browser pada hp kemudian ketik angka 192.168.1.1. seperti langkah pada pc. Ingat jangan sampai salah atau kurang dan kelebihan angkanya karena pasti bakal error.

Baca Juga  Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan Wifi

Bila sudah berhasil menuju halaman, tinggal menyebukan username dan password yang kamu pakai saat itu. Selanjutnya bakal muncul interface berisi kebenaran data pemilik sampai history penggunaan data. Langkah terakhir tinggal mengikuti panduan yang sama saja seperti saat kita memakai pc.

Pentingnya Rutin Melakukan Pergantian Password WiFi

Salah satu alasan kenapa pergantian password sebagai pengaman wifi penting bakal terasa saat baru memasangnya. Apalagi saat itu dari segi username dan password masih bawaan pemasangan awal sehingga isi keduanya satu kata, misalnya admin. Maka dari itu mudah diketahui orang dan kemudian pembobolan pasti terjadi.

Mengetahui cara mengganti kata sandi wifi memang mampu menghindari pembobolan apalagi jika disekitar rumah cukup banyak tetangga. Kepadatan rumah ini juga membuat kita tidak mengetahui siapa saja penggunanya. Mungkin ada yang sudah kita perbolehkan tapi ada juga pengguna ilegal.

Cara memblokir pengguna wifi juga wajib kamu jalankan supaya bisa membuat koneksi kita aman. Bahkan saat dipakai buat pekerjaan akan selalu lancar dan minim hambatan. Hal ini karena internet kita lebih stabil saat dengan adanya pembatasan pengguna memakai pergantian sandi.

Keuntungan lain bila rutin melakukan hal ini adalah mampu menjaga router lebih awet. Apalagi kalau rusak kemungkinan harus diganti dan cukup mahal. Jadi, apabila pengguna lebih sedikit, membuat kondisi tidak pernah kelebihan beban pengguna selalu terjadi sehingga membuatnya awet.

Sebenarnya tidak masalah sama sekali mau memakai panduan melalui pc, laptop atau smartphone karena hasilnya sama saja. Dan perlu diketahui harus benar-benar rutin dilakukan supaya tidak diketahui oleh orang lain dan membuat kamu tidak nyaman. Apalagi tata cara mengganti kata sandi wifi terbilang sangat simple.

Baca Juga  Penyebab HP Tidak Bisa Connect WIFI dan Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *