cara mengembalikan foto yang hilang di galeri

5 Cara Mengembalikan Foto Yang Hilang Di Galeri Dan Tips Seputar Foto di Android

TEKNOFLAS.COM – Beberapa orang pastinya akan langsung merasa panik apabila tidak sengaja menghapus foto yang ada di galeri smartphone. Sebab, banyak memori yang hilang begitu saja ketika anda tak sengaja menghapusnya. Namun, tak perlu khawatir karena sekarang terdapat cara mengembalikan foto yang hilang di galeri dengan sangat mudah. Seperti apa tipsnya? Simak ulasan berikut ini.

Tips Mengatasi Foto yang Tidak Sengaja Terhapus di Android

1. Gunakan Photo Recovery Workshop

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Photo Recovery Workshop yang bisa anda unduh di Play Store. Pada aplikasi satu ini, anda bisa mengembalikan foto dengan lebih mudah. Selain itu, aplikasi ini juga bisa merecovery berbagai format foto yang anda miliki.

2. Restore Image

Tak hanya itu saja, ada banyak cara lain yang bisa anda lakukan guna mengembalikan foto yang hilang di galeri anda. Salah satunya dengan Restore Image, yang mana anda juga bisa mengunduhnya secara gratis melalui Play Store. Dengan aplikasi ini, maka foto anda yang telah terhapus akan bisa dikembalikan dalam waktu yang singkat.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang lain, foto anda yang telah hilang tersebut akan di restore dan kembali ke memori ponsel anda. Ada banyak foto yang bisa dikembalikan, baik yang sengaja dihapus maupun yang tidak disengaja. Aplikasi satu ini juga tidak perlu untuk memerlukan bantuan laptop atau PC di dalam mengembalikan file, sehingga akan sangat gampang.

3. Memakai Dumpster

Cara mengembalikan foto yang hilang di galeri selanjutnya adalah dengan memakai aplikasi Dumpster. Dengan adanya aplikasi ini juga akan membantu anda untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus di galeri Android anda. Dumpster sendiri bekerja dengan apik layaknya cloud storage.

Sehingga, ketika anda pertama kali menginstalnya maka foto foto yang ada di galeri baik yang sengaja atau tidak sengaja terhapus akan disimpan dalam bin Dumpster. Anda pun tak perlu khawatir dikarenakan aplikasi ini memiliki keamanan terhadap foto anda. Untuk mengembalikannya, anda bisa mengecek bin dan melakukan restore pada foto yang dipilih.

4. DigDeep Image Recovery

Selain ketiga cara diatas, anda juga bisa menggunakan DigDeep Image Recovery untuk mengembalikan foto yang terhapus. Aplikasi ini dapat menjadi salah satu solusi terbaik agar foto anda bisa muncul kembali di galeri handphone. Dengan DigDeep Image Recovery, pengguna bisa melakukan restore foto yang terhapus pada memori internal maupun eksternal.

Baca Juga  Tanpa Aplikasi, Berikut 4 Cara Mengubah Ukuran File Foto

Untuk penggunaannya pun cukup mudah, anda hanya perlu mengunduhnya di ponsel Android yang anda miliki. Setelah itu, anda bisa masuk ke aplikasi tersebut dan secara otomatis, DigDeep Image Recovery akan melakukan scanning untuk menemukan foto yang hilang di galeri ponsel anda.

5. DiskDigger Photo Recovery

DiskDigger Photo Recovery juga menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang hilang di galeri dengan mudah. Untuk sistem kerja dari aplikasi ini sendiri adalah menggunakan restore terhadap foto foto yang telah terhapus di Android anda. Di dalam penggunaannya sendiri, anda bisa melakukan root ataupun tidak.

Jika anda melakukan root terhadap ponsel anda, maka semua fitur yang tersedia bisa anda nikmati dengan gratis. Aplikasi ini pun tidak hanya mengembalikan foto yang telah terhapus saja. melainkan apabila anda tidak sengaja menghapus video yang dimiliki, maka DiskDigger Photo Recovery akan bisa anda kembalikan dengan mudah.

Cara Memperkecil Ukuran File Foto Di Smartphone

Terkadang anda mengalami masalah bahwa memori foto di ponsel cenderung terlalu besar. Padahal memori yang anda miliki di smartphone tinggal sedikit. Mau tak mau anda harus menghapusnya bukan? Namun, anda tak perlu melakukan cara tersebut. Sebab anda bisa mengecilkan ukurannya, berikut adalah cara memperkecil ukuran file foto di smartphone anda.

Cara mengecilkan ukuran file foto tersebut sangat mudah untuk dilakukan. anda bisa memilih dengan menggunakan aplikasi maupun tidak. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan, sebut saja seperti QReduce Lite  dan juga Photo Compress & Resize. Kedua aplikasi tersebut bisa anda unduh secara gratis di Play Store.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan cara mengubah ukuran file foto secara online tanpa harus mengunduh aplikasi. Diantaranya adalah dengan mengunjungi website yang memiliki fitur untuk mengkompres gambar. Cara ini cenderung lebih mudah untuk dilakukan, karena anda tak perlu untuk mengunduh maupun registrasi terlebih dahulu.

Cara Mengganti Warna Background Foto yang Wajib Anda Ketahui

Setelah anda mengetahui cara mengembalikan foto yang hilang di galeri, melalui artikel ini anda juga bisa untuk tahu bagaimana cara mengganti warna background foto di smartphone. Sebab, saat ini anda tak perlu susah payah untuk mengganti foto dengan menggunakan software Adobe Photoshop yang dijalankan di komputer.

Untuk Android user sendiri, anda bisa mengunduh aplikasi Auto Cut Paste. Aplikasi ini bisa dengan mudah anda install di ponsel. Langkah untuk mengganti background adalah dengan memilih foto yang ingin untuk di edit. Kemudian, anda bisa memilih untuk memotong gambar yang memang ingin latar belakangnya diganti.

Baca Juga  Tanpa Ribet, Berikut Cara Mengubah Foto Ke Pdf Di Hp Dengan Mudah

Setelah itu, anda bisa memilih pilihan yakni Auto untuk memulai penghapusan latar belakang pada foto anda. Kemudian, anda bisa memilih derah background dan menghilangkan warnanya. Centang bagian kanan atas untuk mengganti warna background pada foto tersebut.

Selanjutnya, anda bisa menentukan tingkat kehalusan gambar tersebut dengan menggeser bagian Parameter Smooth. Untuk anda yang ingin menambah background, anda pun bisa klik Add Background dan klik Save yang berada di kanan atas untuk menyimpan gambar. Latar belakang foto anda pun otomatis akan berganti sesuai dengan warna yang diinginkan.

Mengenal Cara Membuat Video Dari Foto

Ketika anda telah tahu cara mengembalikan foto yang hilang di galeri dan ingin membuat video berdasarkan foto tersebut, maka langkah yang perlu anda lakukan sangatlah mudah. Berikut cara membuat video dari foto yang mungkin sangat berguna bagi anda. Disini, anda tak perlu mengeditnya dengan menggunakan laptop atau PC. Hal ini dikarenakan anda hanya perlu untuk mengunduh aplikasi di smartphone anda.

Terdapat beberapa aplikasi membuat video dari foto yang bisa anda gunakan. Pertama anda bisa memakai VideoShow. Disini, terdapat banyak sekali fitur yang tersedia untuk mengedit foto yang anda miliki ke dalam bentuk video. Selain itu, anda juga bisa mengunduh Inshot hingga KineMaster yang bisa dengan mudah anda temui di Play Store.

Dengan aplikasi tersebut, anda bisa membuat bingkai foto untuk edit foto maupun menggabungkan berbagai file foto menjadi satu dalam bentuk video. Aplikasi tersebut tentu saja akan memberi kemudahan bagi anda. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah mengunduh dan kemudian menikmati berbagai macam fitur yang tersedia.

Caranya pun hampir sama dengan langkah langkah mengedit di aplikasi lain. Dimana anda hanya akan diminta untuk memilih dan juga menyisipkan berbagai macam jenis foto yang anda inginkan untuk dijadikan video. Selanjutnya, anda bisa mengeditnya sesuai dengan yang diinginkan. Seperti menambah filter, efek tulisan dan juga lain sebagainya.

Cara Mengubah Foto Ke PDF Di Smartphone

1. Memakai Situs SmallPDF

Bagi anda yang ingin mengetahuai cara mengubah foto ke PDF di hp, langkah langkah berikut ini pastinya wajib untuk anda perhatikan. Sebab, mengubah foto menjadi PDF membuat lebih mudah untuk mengirim file tanpa takut ukuran foto menjadi berubah. Pertama, anda bisa melakukannya secara online.

Disini, anda bisa melakukan konversi dari foto ke PDF dengan menggunakan situs Smallpdf. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah mengunjungi situs tersebut. Kemudian, ana bisa memilih menu yang tersedia yakni JPG ke PDF. Tak hanya itu saja, di situs ini anda juga bisa memilih beragam menu convert lain yang bisa anda coba.

Baca Juga  6 Cara Memperkecil Ukuran File Foto Tanpa Ribet

Selanjutnya, anda bisa pilih gambar yang akan di convert pada kolom Taruh Gambar Disini. Setelah itu, anda bisa mengatur ukuran kertas dan juga orientasi format yang ingin anda pilih, seperti landscape maupun potratir. Barulah anda bisa mengatur ukuran margin sesuai dengan yang anda inginkan. Lalu, klik tombol Buat PDF Anda Sekarang, jadilah foto dengan format PDF.

2. Menggunakan Laptop atau Komputer

Selain itu, ketika anda telah mengetahui cara mengembalikan foto yang hilang di galeri dan ingin mengubah foto tersebut dalam format PDF, anda bisa mengubahnya tanpa menggunakan aplikasi. Akan tetapi, anda memerlukan laptop atau komputer untuk melakukan hal ini.

Pertama, anda bisa memilih foto yang memiliki format JPG, kemudian anda bsa klik dua kali pada foto tersebut dengan menggunakan aplikasi Photos yang merupakan bawaan dari Windows 10. Nantinya, anda akan menemukan pilihan Print yang memiliki ikon printer di bagian atas. Ubahlah printer defaults tersebut menjadi Microsoft Print to PDF.

Mengapa WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Foto?

Apabila anda mendapati wa tidak bisa mengirim foto, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Ada beberapa penyebab yang menjadikan ponsel anda tidak mau mengirimkan foto tersebut. Pertama bisa dikarenakan jaringan internet yang tidak stabil atau disconnect di tengah pengiriman.

Sedangkan penyebab yang kedua adalah internet yang anda gunakan sangat lambat. Pasalnya, rata rata kecepatan upload dalam WhatsApp biasanya lebih lama ketimbang kecepatan download. Oleh karena itu, anda pun mendapati internet anda menjadi lebih lambat dan tidak mampu mengirim foto.

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengecek kecepatan internet yang anda miliki. Anda bisa membuka situs fast/com/id dan tunggulah hingga proses cek internet selesai. Selain itu, cara mengakali agar foto yang anda kirim bisa sukses adalah dengan mengirimnya satu per satu.

Sebab ketika anda mengirim foto langsung banyak, maka hal tersebut akan membuat sebagian foto tidak dapat terkirim. Terlebih lagi ketika sinyal dari internet anda sedang tidak stabil. Oleh karena itu, untuk bisa mengirim foto dengan lancar dan tidak ada kendala, disarankan untuk mengirim satu demi satu.

Itulah beberapa tips anda trik seputar foto yang perlu anda ketahui. Untuk itu, apabila anda mendapati foto yang anda miliki tidak sengaja terhapus, maka anda pun bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk memulihkannya. Sehingga, anda tidak perlu panik dan khawatir bahwa foto yang anda miliki akan menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *