modif motor bebek jadi mini trail

Cara Modif Motor Bebek Jadi Mini Trail dengan Budget Terbatas

TEKNOFLAS.COM – Bagi penggemar dunia otomotif, merakit ulang motor menjadi hobi yang mendatangkan kesenangan tersendiri. Berbagai jenis motor bisa saja dimodif sedemikian rupa hingga menjadi jenis yang lain. Motor bebek sendiri ternyata juga bisa disulap menjadi sebuah mini trail oleh tangan-tangan yang berbakat. Untuk modif motor bebek jadi mini trail tidak selalu harus mengeluarkan dana yang besar. Dengan budget yang terbatas pun Anda bisa dengan mudah melakukannya.

Modif Motor Bebek Jadi Mini Trail Tanpa Biaya Mahal

1. Tentukan motor yang ingin dimodif

Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin memodif motor menjadi sebuah mini trail. Hampir semua jenis dan tipe motor dari berbagai merk sebenarnya bisa saja disulap oleh para profesional. Akan tetapi, pada beberapa tipe lebih mudah untuk dimodifikasi. Untuk melihat kriteria motor yang mudah dimodifikasi, bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Kondisi mesin motor bebek yang hendak dijadikan mini trail. Harus dipastikan masih terbilang bagus, karena jika tidak maka harus menggantinya dengan yang baru. Hal tersebut sama saja dengan mengganti hampir keseluruhan motor.
  • Kondisi kerangka motor, apakah masih kuat atau terdapat beberapa peok yang terlihat. Karena nantinya kerangka tersebut juga bisa digunakan lagi ketika dibentuk ulang. Jika keadaannya masih terbilang bagus, maka biaya tambahan untuk merakitnya akan semakin kecil karena masih bisa menggunakan kerangka tersebut untuk beberapa komponen motor.
  • Komponen-komponen lainnya. Perlu diperhatikan apakah bagian-bagian motor yang hendak dimodif masih terbilang baik untuk dipakai ulang. Beberapa komponen seperti tempat duduk, lampu, pijakan kaki, rem, dan juga knalpot harus menjadi salah satu pertimbangan.
Baca Juga  Inilah Hal yang Seharusnya Ada dalam Honda GL Pro Modif Simple

2. Bentuk inti trail

Saat modif motor bebek jadi mini trail maka harus mempunyai desain seperti apa yang hendak diaplikasikan. Anda bisa berkreasi dengan berbagai bentuk yang diinginkan dan bisa mencari referensinya dari sesama penggemar otomotif. Namun, tidak semua bentuk bisa menggunakan dana yang murah. Beberapa desain butuh biaya yang luar biasa untuk mewujudkannya.

Oleh sebab itu, menentukan desain seperti apa yang hendak dibentuk menjadi salah satu pertimbangan yang krusial. Perbedaan jenis mini trail dapat dilihat dari besarnya volume piston yang membuatnya bisa melaju di berbagai medan. Jika ingin merakit dengan biaya yang murah, maka bisa menggunakan volume mesin sebesar 110 cc saja.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa motor dengan cc yang tinggi sepeti 125 bahkan 150 juga bisa dibentuk dengan dana yang terjangkau. Bentuk tempat duduk dan juga bodi motor lainnya juga sangat menentukan biaya yang harus dikeluarkan.

3. Selaraskan dengan komponen yang ada

Desain yang hendak dibuat harus disesuaikan dengan komponen-komponen peninggalan yang masih bsia dipakai lagi. Jika terdapat banyak komponen yang bisa digunakan lagi saat modif motor bebek jadi mini trail, maka desain harus menyesuaikannya. Misalnya jika pijakan kaki dan juga lampunya masih sangat bagus, maka bentuk bodinya harus bisa selaras dengan komponen itu.

Selain akan menekan biaya yang digunakan, terkadang hal ini juga membuat motor yang dihasilkan menjadi lebih unik lagi. Sehingga kesan otentik yang akan diciptakan bisa terwujudkan karena memang motor buatan sendiri itu berbeda dengan yang lain.

Itulah beberapa kiat yang bisa dilakukan ketika hendak modif motor bebek jadi mini trail yang bagus namun tidak perlu biaya yang terlalu mahal. Kunci untuk menekan biaya memang dengan menentukan motor yang hendak dirakit, memilih bentuk yang akan dibuat, dan menyelaraskannya dengan komponen lama yang bisa disisipkan pada mini trail yang diciptakan.

Baca Juga  Berbagai Tips untuk Modif Motor Grand Elegant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *