cara menghilangkan tulisan activate windows

Cara Menghilangkan Tulisan Activate Windows yang Mudah

TEKNOFLAS.COM – Anda pengguna laptop dengan sistem operasi Windows pasti pernah mengalami masalah saat menggunakannya, yaitu munculnya pop up notification Activate Windows di bagian pojok kanan bawah tampilan layar bukan? Jika iya, hal tersebut bagi sebagian orang mungkin cukup mengganggu sehingga ingin dihilangkan. Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan tulisan activate windows di laptop ini?

Penyebab dan Langkah-Langkah Cara Menghilangkan Tulisan Activate Windows

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan activate Windows ini, Anda terlebih dahulu harus tahu apa maksud dari notifikasi yang tampil permanen ini. Notifikasi ini muncul karena Anda sebagai pengguna produk Windows, apapun tipenya tidak memiliki activation key dari Windsows yang terinstal.

Activation key ini sendiri adalah lisensi yang harus ada di setiap Windows yang sudah terinstal di dalam laptop.  Munculnya tulisan activate Windows ini bisa jadi karena lisensi Windows yang Anda gunakan sudah usang atau justru bahkan Anda sendiri tidak memiliki activation key itu meski Windows sudah terinstal di laptop Anda. Kemungkinan lainnya adalah Windows yang Anda gunakan saat itu bukanlah produk Windows asli.

Jika Anda mengalami masalah ini, cara menghilangkan tulisan activate Windows ini sebenarnya mudah. Anda harus membeli lisensi Windows yang Anda gunakan. Namun, tentu saja tidak semua orang bisa membelinya sebab lisensi Windows ini terbilang cukup mahal. Sebagai alternatif solusi, Anda bisa menerapkan cara berikut agar tulisan activate Windows bisa menghilang.

1. Buka Registry Editor (Regedit)

Langkah pertama dari cara menghapus tulisan activate Windows adalah dengan membuka Regedit. Ini adalah aplikasi bawaan Windows yang bisa Anda buka dan manfaatkan untuk menghapus tulisan activate Windows tanpa bantuan tools atau aplikasi pihak ketiga. Caranya, masuk ke menu pencarian di laptop Anda, lalu ketikkan ‘Regedit’ pada kolom pencarian. Buka aplikasi tersebut.

Baca Juga  Windows 8.1 Akan Dirilis 17 Oktober 2013?

2. Klik Dua Kali pada HKEY_CURRENT_USER

Jika sudah membuka aplikasi tersebut, Anda akan melihat berbagai pilihan folder yang tersedia. Buka dengan cara klik dua kali pada folder HKEY_CURRENT_USER. Setelah Anda membuka folder tersebut, akan muncul berbagai folder lagi di dalamnya, pilih pada folder ‘Control Panel’ lalu pilih lagi pada folder ‘Desktop’.

3. Klik Dua Kali untuk Membuka PaintDesktop Version

Setelah membuka folder ‘Desktop’ tadi, langkah selanjutnya scroll ke bawah terus sampai Anda menemukan ‘PaintDesktop Version’ lalu klik dua kali untuk membuka file tersebut. Setelah membuka file tersebut, akan ada kotak dialog yang ditampilkan. Di dalamnya ada berbagai pilihan yang harus Anda atur.

Pertama, pastikan Anda memilih pada opsi ‘Hexadecimal’ dengan cara klik di dalam lingkaran kecil di samping tulisannya. Setelah itu, pada bagian ‘Value Data’ ubah menjadi 0 lalu terakhir klik OK untuk mengakhiri langkah ini dan keluar dari aplikasi regedit tersebut.

4. Restart Laptop

Langkah terakhir dari cara menghilangkan tulisan activate Windows adalah restart laptop Anda untuk menerapkan semua perubahan yang sudah Anda lakukan. Tunggu dulu beberapa saat sampai proses restart selesai dan Anda sudah masuk lagi ke Windows. Lihat apakah tulisan tersebut masih ada atau tidak. Jika Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, maka seharusnya tulisan activate windows sudah tidak ada lagi.

Demikian tadi penjelasan langkah-langkah cara menghilangkan tulisan activate Windows yang bisa Anda ikuti. Sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan tulisan ‘Activate Windows’ ini. Namun, cara lainnya membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ini adalah cara paling mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga  Download Adobe Spark for Windows untuk Mendesain Ala Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *