Penuhi Kebutuhan Serat Harian Dengan Konsumsi Buah Tinggi Serat

TEKNOFLAS.COM – Setiap harinya, seorang perempuan dianjurkan mengonsumsi 25 gram serat, sedangkan pria dewasa diharuskan untuk memenuhi kebutuhan seratnya sebesar 38 gram serat. Ketika tubuh kekurangan serat, maka akan muncul gejala-gejala yang merugikan tubuh, antara lain sembelit, gula darah tinggi, mual, dan juga kenaikan berat badan. Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, maka Anda perlu mengonsumsi buah tinggi serat.

Jika dilihat secara umum, terdapat dua jenis serat yang dapat kita konsumsi. Pertama adalah serat yang bisa larut dalam air dan yang kedua adalah serat yang tidak bisa larut dalam air. Serat yang bisa larut di dalam air dapat diperoleh dari buah-buahan yang tinggi akan serat, oat, sayuran, dan juga rumput laut. Sementara serat yang tidak dapat larut di dalam air bisa Anda peroleh melalui biji-bijian, bayam, dan juga gandum.

Pilihan Buah Tinggi Serat yang Baik Untuk Kesehatan

Selama ini, serat dikenal sebagai zat yang bisa membantu tubuh untuk mencegah adanya masalah pencernaan. Akan tetapi, sebenarnya kemampuan serat justru lebih besar dari itu. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa serat juga dapat menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, dan juga mencegah kanker. Untungnya, untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh tidaklah sulit. Kita bisa memenuhinya dengan hanya mengonsumsi buah tinggi secara secara rutin. Berikut adalah daftar buah-buahan yang tinggi akan serat dan bisa Anda konsumsi setiap harinya.

1. Apel

Buah apel adalah salah satu buah tinggi serat yang bisa kita konsumsi setiap hari. Satu buah apel dengan berat 100 gram, mengandung kurang lebih 2,4 gram serat. Selain itu, bauh ini juga mengandung berbagai macam antioksidan. Mulai dari phloridzin, quercetin, asam klorogenat, dan katekin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga  Apa itu buah Bit? Buah yang bisa mencegah pikun

2. Pisang

Pisang adalah buah tinggi serat yang sangat bernutrisi bagi tubuh. Setiap 100 gram buah pisang mengandung 2,6 gram serat yang bisa memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Tak hanya serat saja, buah ini juga mengandung banyak sekali nutrisi lain seperti vitamin B6, vitamin C, dan juga kalium.

3. Alpukat

Siapa nih yang suka makan buah alpukat? Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata alpukat juga mengandung serat yang tinggi loh. Kandungan serat yang ada di dalam buahnya tidak main-main, yaitu sebesar 6,7 gram di setiap 100 gram buah alpukat. Tak hanya itu saja, buah ini juga mengandung lemak yang baik untuk tubuh kita. Selain itu, alpukat juga kaya akan kalium, vitamin C, magnesium, vitamin E, dan beragam vitamin B.

4. Rasberi

Untuk orang Indonesia, mungkin rasberi menjadi salah satu buah yang kurang familiar ya di lidah kita. Tapi perlu Anda ketahui bahwa ternyata buah ini mengandung banyak sekali serat di dalamnya. Dimana di setiap 100 gram buah rasberi, terkandung 6,5 gram serat. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak sekali vitamin dan juga mangan.

5. Pir

Selain rasanya yang enak dan mudah ditemukan di Indonesia, buah pir juga ternyata mengandung banyak sekali serat. Di setiap 100 gram buah pir, terkandung 3,1 gram serat di dalamnya. Selain itu, buah pir juga mengandung nutrisi lainnya seperti protein, vitamin K, vitamin C, dan juga kalium.

6. Blueberry

Sama dengan buah rasberi, buah blueberry juga menjadi salah satu buah yang sulit di dapatkan di Indonesia. Namun buah yang satu ini mengandung serta yang tinggi. Di setiap 100 gram buahnya, terkandung 5,3 gram serat di dalamnya. Walaupun ukuran buahnya kecil, tapi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat banyak.

Baca Juga  9 Buah Segar Kaya Kandungan Air Untuk Berbuka Puasa

Itulah beberapa daftar buah tinggi serat yang bisa Anda konsumsi setiap harinya. Penuhi kebutuhan serat dalam tubuh dan baik, supaya kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *