touchpad laptop tidak berfungsi

Penyebab dan Cara Mengatasi Touchpad Laptop Yang Tidak berfungsi

TEKNOFLAS.COM – Terkadang laptop yang sudah lama digunakan sering kali mengalami kerusakan atau masalah salah satunya adalah touchpad laptop yang tidak berfungsi seperti seharusnya. Driver yang terhapus atau fitur touchpad yang dimatikan secara tidak sengaja biasanya menjadi penyebab touchpad tidak berfungsi. Kombinasi tombol atau tombol tertentu yang ada pada laptop bisa ditekan sebagai shortcut untuk mematikan/ mengaktifkan touchpad. Ini menjadi hal pertama yang harus anda cek jika mengalami masalah touchpad yang tidak berfungsi.

Anda juga perlu mengecek apakah driver touchpad yang terinstall bekerja dengan normal. Touchpad di laptop tidak bisa digunakan tanpa adanya driver. Pada artikel kali ini kita akan membahas penyebab dari touchpad laptop yang tidak berfungsi dan cara mengatasi, untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.

Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

anda mungkin sering bertanya-tanya mengapa touchpad laptop tidak berfungsi dengan benar?. Touchpad yang tidak berfungsi memang menjadi masalah yang muncul secara tiba-tiba, padahal sebelumnya touchpad masih berfungsi dengan normal. Berikut ini beberapa penyebab touchpad laptop yang tidak berfungsi:

1. Touchpad dalam keadaan disable (tidak aktif).
2. File explorer not responding.
3. File sistem yang korup.
4. Driver touchpad korup/terhapus.
5. Terjadi konflik dengan program atau perangkat lainnya.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Jika anda mengalami masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi, anda tidak perlu merasa panik. Karena, anda bisa mengikuti langkah-langkah mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi dibawah ini:

Baca Juga  8 Tips Cerdas Membeli Laptop Untuk Mahasiswa Baru

1. Mengaktifkan touchpad pada windows settings

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika touchpad tidak berfungsi adalah memastikan pengaturan touchpad di windows 10 dalam keadaan aktif. Karena jika pengaturannya dimatikan mata otomatis touchpad tidak akan berfungsi dan kursor tidak bisa bergerak.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik tombol Start
2. Pilih Settings
3. Lalu pilih menu Devices
4. Klik Touchpad dan aktifkan touchpad menjadi On

anda juga bisa mematikan touchpad secara otomatis pada saat laptop menggunakan mouse, caranya adalah dengan mencentang opsi “Leave touchpad on when a mouse is connected”.

2. Restart explorer atau restart windows

Cara selanjutnya adalah melakukan restarting file explorer. File explore not responding bisa menjadi penyebab kursor tidak bisa digunakan dengan touchpad. File explorer merupakan program yang dibutuhkan oleh setiap aplikasi di Windows untuk bisa berjalan, jika file explorer mengalami masalah maka semua aplikasi dan juga perangkat menjadi tidak berfungsi. Hal ini biasanya bisa diatasi dengan cara melakukan restart.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik kanan pada Taskbar
2. Pilih Task Manager
3. Klik tab Processes
4. Cari program dengan nama Windows Explorer lalu klik kanan, dan pilih restart.

Saat melakukan restart explorer, anda akan melihat tampilan desktop menjadi blank sebentar lalu kembali lagi menjadi normal. Coba cek apakah touchpad sudah berfungsi kembali, jika belum maka restart windows. Jika touchpad menjadi tidak berfungsi bersamaan dengan penggunaan perangkat lain seperti keyboard tambahan, mouse/ keyboard lainnya maka coba lepas semua perangkat tersebut terlebih dahulu.

3. Lepas perangkat USB lain yang terpasang

Jika touchpad laptop tidak bisa digerakan saat anda menggunakan mouse, maka coba cek pengaturannya, caranya seperti yang terdapat di nomor 1. Pastikan bahwa opsi “Leave touchpad on when a mouse is connected” dalam keadaan aktif (On).

Baca Juga  6 Langkah Instal WhatsApp Di PC & Laptop Pakai BlueStacks

4. Reinstall driver

Setelah melakukan ketiga cara diatas dan touchpad masih belum bisa berfungsi, maka cara selanjutnya adalah mulai mengecek apakah driver touchpad sudah terinstall dan berfungsi dengan baik. Jika diperlukan anda bisa reinstall driver touchpad tersebut dengan cara menghapusnya lalu menginstalnya kembali.

Berikut langkah-langkah reinstall driver:

1. Untuk memunculkan dialog box RUN tekan tombol Windows+R
2. Ketikan: devmgmt.msc
3. Temukan driver touchpad pada program Device Manager
4. Klik kanan pada driver touchpad lalu pilih Uninstall device, dan restart laptop.

Driver touchpad akan diinstall kembali secara otomatis, setelah laptop menyala kembali. anda juga bisa mendapatkan file driver touchpad terbaru dengan mengunduhnya secara langsung dari situs merek laptop yang anda gunakan.

5. Install Synaptic atau ELAN driver

Cara selanjutnya adalah menginstall driver touchpad. Ada dua jenis driver yang bisa anda gunakan yaitu Synaptic atau Elan. Sebelum menginstall drivernya anda bisa mengeceknya dulu di Device Manager untuk mengetahui jenis touchpad anda. Jika sudah baru anda bisa mendownload dan install drivernya.

Demikian pembahasan mengenai penyebab touchpad laptop tidak berfungsi dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.