Cara Mengatasi Mobil Mogok

3 Penyebab Dan Pencegahan Kendaraan Mogok Ketika Pulang Kampung!

TEKNOFLAS.COM – Mobil yang mogok dalam perjalanan pulang jelas menjadi masalah yang bisa membuat Anda terlambat pulang. Ini bukan tidak mungkin. Mobil rusak membuat momen pulang kampung menjadi gagal. Karena itu, Anda harus berusaha menghindari masalah seperti itu sebisa mungkin dalam perjalanan pulang.

Kerusakan kendaraan dapat diprediksi dengan memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Mobil mogok saat pulang, sehingga sering terjadi karena kelalaian dalam perawatan.

Dalam perjalanan pulang, mobil saya mogok.

Oleh karena itu, agar tidak terjadi pemogokan, pemilik mobil lebih memperhatikan kondisi mobilnya. Jadi, bagaimana Anda bisa mencegah mobil Anda mogok dalam perjalanan pulang? Apa alasan utamanya? Berikut pembahasan lengkap menghindari mogok kendaraan saat mudik.

1. Kita lupa mematikan lampu dan baterai hampir habis

Totok Yulianto, Head of Service Management PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan penyebab utama mobil mogok saat sampai di rumah adalah baterai yang habis. Mungkin terlihat sepele, namun saat baterai hampir habis, seluruh sistem kelistrikan mobil akan mati, termasuk sistem engine start. Akibatnya, jika baterai hampir habis, satu-satunya pilihan adalah menggantinya dengan yang baru.

Bagaimana cara mencegah aki mobil terkuras? Fakta menarik yang diungkapkan Totok adalah penelitiannya menemukan bahwa kebanyakan baterai terjadi karena pengemudi lupa mematikan lampu interior saat mobil berhenti dalam waktu singkat. Kesalahan lainnya adalah mengoperasikan head unit sambil beristirahat. Akibatnya, daya baterai tidak terisi ulang dan akhirnya terus terkuras.

Jadi, jangan lupa untuk mematikan semua lampu dan sistem kelistrikan lainnya saat mobil Anda berhenti untuk menghindari kehabisan baterai!

Baca Juga  Kocak! 8 Tips Mudik Ala Cak Lontong Yang Bikin Ngakak

2. Lapisan kopling tidak memadai

Anda menggunakan kopling untuk melepaskan mesin, menghubungkannya ke transmisi yang masuk ke gigi utama, lalu roda berputar dan selesai. Jika kopling padam, tentu Anda tidak bisa memindahkan gigi. Artinya mobil tidak bisa bergerak dan harus diderek.

Tentu saja, saya tidak ingin memiliki pengalaman itu ketika saya tiba di rumah. Jadi bagaimana Anda memastikan Anda tidak kehabisan lapisan kopling? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu tahu mengapa liner panggilan rusak.

Ada dua hal karena liner kopling aus. Penuaan dan penyalahgunaan. Biasanya disarankan untuk mengganti liner kopling setiap 2 tahun atau 24km, mengingat usia. Sementara itu, dalam penggunaan, penuaan lebih cepat atau lebih lama bukan tidak mungkin.

Dengan penggunaan yang berlebihan, kampas kopling akan cepat aus. Misalnya, jika berlebihan, kopling akan sering macet di tengah tanjakan. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mencegah kerusakan mobil dalam perjalanan pulang.

Saat kendaraan berhenti di tanjakan, pengemudi harus menggunakan rem tangan. Kemudian atur transmisi ke posisi netral. Bila Anda ingin pergi, lakukan sebaliknya. Letakkan transmisi di posisi pertama, tancap gas dan lepaskan rem tangan secara perlahan.

Cara di atas pasti akan menghemat kampas kopling dan membuat mobil tetap berjalan tanpa masalah sesampainya di rumah.

3. Kecelakaan

Alasan terakhir mobil mogok dalam perjalanan pulang adalah karena kecelakaan. Menurut Totok, kecelakaan itu mungkin terjadi karena pengemudi mengantuk. Selain itu, jika kecelakaannya parah, mobil bisa mogok.

Bagaimana cara mencegah mengemudi dalam keadaan mengantuk? Idealnya, jarak tempuh terlama untuk sebuah mobil adalah 4 jam. Di atas itu, Anda akan kehilangan konsentrasi, sehingga Anda perlu istirahat sejenak. Saat Anda istirahat, Anda bisa melakukan peregangan, minum, dan tidur. Pilihan jenis kenyamanan tergantung pada kebutuhan pengemudi.

Baca Juga  Ini Aplikasi Jalur Mudik Lebaran 2015 Yang Harus Anda Miliki

Istirahat juga diperbolehkan hingga 4 jam sebelum mengemudi. Bagaimana kamu mendefinisikannya? Intinya, Anda tidak bisa melanjutkan mengemudi saat mengantuk. Sebaiknya sisihkan mobil sebentar dan istirahat.

Selain ketiga hal di atas, Anda perlu mempersiapkan mobil Anda dalam kondisi prima agar tidak mogok di perjalanan pulang. Cara termudah adalah dengan membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa dan dirawat.

Jangan lupa bahwa Anda juga perlu dipersiapkan sebagai pengemudi. Banyak istirahat dan makan makanan bergizi sebelum pulang adalah salah satu rahasia untuk tetap bugar saat mengemudi. Kami berharap tips di atas tentang cara menghindari kerusakan mobil saat kembali ke rumah telah membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.