Mengatasi Android Lemot

Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Android Lemot

TeknoFlas.com – Smartphone dengan OS Android ternyata juga mengalami masalah yang hampir sama dengan ponsel BlackBerry, yaitu perangkat sering mengalami proses yang lambat atau lemot. Apa penyebab ponsel Android jadi lemot? dan bagaimana cara mengatasi ponsel Android yang lambat atau lemot?

Mengatasi Android Lemot

Beberapa faktor mengakibatkan ponsel dengan sistem operasi Android menjadi lambat atau lemot, salah satunya yaitu penggunaan aplikasi yang berlebihan. Berikut ini adalah 5 penyebab ponsel Android lemot dan cara mengatasinya:

1. Penggunaan aplikasi yang berlebihan – Kadang pengguna Android tidak jeli dalam memilih aplikasi yang tepat untuk ponselnya, sering bahkan karena hanya sekedar ingin tahu atau coba-coba. Cobalah memilih aplikasi yang benar-benar penting saja dan yang sedikit memakan memory internal.

2. Chache memory internal menumpuk – Setiap pengguna ponsel menjalankan sebuah aplikasi pastinya akan terbentuk cache yang tersimpan di memori internal, ini akan menjadikan terganggunya proses di memori, salah satu langkah yang tepat adalah dengan cara menghapus cache secara berkala. Bisa dengan menggunakan aplikasi History Eraser atau aplikasi lainnya.

3. Space memori internal penuh – Pengguna ponsel Android kadang tidak menyadari jika setiap menginstal aplikasi maka akan memakan space memori internal ponsel sehingga akan menyebab memori internal penuh. Salah satu solusinya adalah dengan cara memindahkan aplikasi yang sudah di instal ke memori eksternal atau sd card.

4. Menggunakan live wallpaper – Tampilan ponsel sering menjadi salah satu sebab Android jadi lemot, salah satunya adalah menggunakan live wallpaper. Penggunaan live wallpaper berefek pada pemakaian RAM yang besar sehingga ponsel akan terasa lambat. Jadi sahabat TeknoFlas bisa pertimbangkan lagi soal penggunaan live wallpaper.

Baca Juga  XL Gandeng Samsung, Gelontorkan Galaxy Trend Duos

5. Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan – Keunggulan Android adalah multi tasking, namun jika dibebani dengan proses aplikasi secara bersamaan maka ponsel akan terasa berat, solusinya adalah menghindari proses menjalankan aplikasi secara bersamaan. Usahakan menggunakan aplikasi secara bergantian sehingga ponsel Anroid tidak lemot.

Bagaimana menurut sahabat TeknoFlas? apakah sudah mengerti 5 sebab dan cara mengatasi ponsel Android yang lemot di atas? semoga saja sedikit informasi ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *