paket data android

Inilah Tips Hemat Mobile Data Handphone Android

TeknoFlas.com – Pengguna Android kurang puas jika tidak menggunakan mobile data atau paket data internet. Dengan mobile data tentunya kita bisa berselancar internet dan harus mengeluarkan sedikit kocek untuk mendapatkan akses tersebut.
paket data android
Nah, bagaimana jika tariff yang harus kamu bayarkan cukup tinggi dan tidak terasa mungkin kamu sudah menghabiskan kuota bulanan. Untuk itulah Anda harus berhemat agar kuota Anda tidak habis dalam jangka pendek. Berikut ini tips menghemat mobile data di ponsel Android yang TeknoFlas kutip dari Jalantikus, Jumat (30/8/2013).

Update Aplikasi Menggunakan Wi-Fi
Untuk aplikasi yang secara otomatis melakukan update menggunakan koneksi internet, buka Google Play Store, lalu buka Menu > settings > Auto – update apps dan pastikan pilihan aktifnya adalah “auto-update apps over Wi-Fi only”. Jika kamu ingin melakukan update aplikasi secara manual, maka pilih “do not auto-update apps”.

Lakukan Pengaturan Konfigurasi Data Sync Aplikasi
Lakukan pengaturan secara manual pada masing – masing aplikasi untuk mencegah update otomatis konten. Contohnya, aplikasi Google+ secara otomatis mengupdate konten seperti foto dan video yang bisa memakan banyak koneksi data.

Restrict Background Data
Aplikasi yang berjalan di background dapat terus aktif meski telah kamu atur secara manual. Buka Settings > data usage > scroll untuk melihat aplikasi yang menggunakan koneksi. Bagian pertama menggambarkan “foreground” yang merupakan penggunaan koneksi data suatu aplikasi ketika aktif, sedangkan yang lain menggambarkan “background” yang merupakan penggunaan koneksi data ketika aplikasi berjalan di background. Pilih “restrict background data” untuk mencegah update semua aplikasi.

Cache Map
Kamu bisa menyimpan bagian atau area tertentu dari Google Maps menggunakan cache map. Download cache map menggunakan koneksi Wi-Fi dan kamu dapat membuka area tersebut tanpa perlu menggunakan koneksi mobile data. Tips ini penting sebelum kamu melakukan suatu perjalanan yang membutuhkan peta.

Baca Juga  Cara Hilangkan 'My Device' Dari Google Play Store

Compress Penggunaan Data pada Browser
Web browser bisa memakan koneksi data yang besar, namun beberapa website memiliki optimasi untuk perangkat mobile yang bisa mengurangi penggunaan data. Gunakan fitur “data compression” atau “reduced data usage” untuk mengurangi penggunaan koneksi data yang dapat mengurangi ukuran halaman web secara signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *