TeknoFlas.com – Akhirnya kasak-kusuk seputar rencana hadirnya layanan BlackBerry Enterprise Server (BES) di Windows Phone terjawab sudah. John Chen yang juga menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) BlackBerry menyatakan bahwa layanan BES saat ini telah tersedia di iOS, Android, dan sebentar lagi akan mendarat di Windows Phone.

Dilansir PhoneArena, Selasa (14/1/2014), layanan BES hingga saat ini merupakan salah satu lini utama yang masih memberikan pemasukan untuk BlackBerry. Di sisi lain Chen juga menyebutkan bahwa layanan ini sesungguhnya tidak berkembang sejak ditiadakan pada era OS BlackBerry 7. Karenanya perusahaan berupaya akan menambah fitur dari fungsionalitas dari BES.

BlackBerry Enterprise Server (BES) akan Tersedia di Windows Phone

Pada dasarnya, BES adalah layanan yang ditujukan untuk kebutuhan korporasi dan agensi pemerintah yang memilki kepentingan untuk melakukan kontrol terhadap smartphone karyawannya.

Sebagaimana dikutip TeknoFlas dari laman Okezone, Rabu (15/1/2014) disebutkan bahwa layanan ini memungkinkan divisi IT terkoneksi langsung ke perangkat yang dipakai oleh karyawan untuk memberikan akses ke sistem email perusahaan, atau melalui wipe data dari ponsel yang dicuri. Bahkan, BES juga bisa melakukan kontrol terhadap kamera ponsel agar tidak beroperasi pada saat jam kerja.

Sayangnya, pihak BlackBerry masih enggan mengungkapkan kapan BES ini akan mulai tersedia di Windows Phone.