TeknoFlas.com – Samsung secara resmi telah meluncurkan jam tangan pintar atau smartwatch terbaru melalui seri Gear 2 dan Gear 2 Neo di acara pameran bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2014. Berbeda dengan pendahulunya, Gear 2 dan Gear 2 Neo ini tak lagi menggunakan sistem operasi Android, melainkan Tizen OS.

Samsung Gear 2 Neo
Samsung Gear 2 Neo

Baik Samsung Gear 2 maupun Gear 2 Neo ini mengusung spesifikasi yang sama, yakni dilengkapi dengan bentang layar sentuh 1,63 inci dengan resolusi 320 x 320 piksel yang disematkan teknologi Super AMOLED khas Samsung. Desain Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo ini agak berbeda jika dibandingkan dengan Galaxy Gear yang diluncurkan tahun lalu.

Meski berukuran kecil, jam tangan pintar Gear 2 dan Gear 2 Neo ini memiliki kinerja yang cukup tinggi berkat sokongan dari prosesor dual-core berkecepatan 1GHz yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB dan didukung oleh ruang simpan internal berkapasitas 4GB.

Samsung Gear 2 akan tersedia dalam empat pilihan warna, yakni Charcoal Black, Gold Brown, dan Wild Orange straps. Sedangkan Samsung Gear 2 Neo juga tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Charcoal Black, Mocha Grey, dan Wild Orange straps. Baik Gear 2 maupun Gear 2 Neo ini telah mengantongi sertifikat IP67 yang berarti memiliki kemampuan tahan air dan debu.

Perbedaan antara Gear 2 dan Gear 2 Neo adalah ketersediaan kamera. Gear 2 Neo tidak dibekali kamera seperti Gear 2. Kamera yang disematkan pada Samsung Gear 2 dapat mengambil foto dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan merekam video HD 720p @30fps.

Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo ini dibekali dengan sensor pendeteksi detak jantung untuk memonitor aktifitas olahraga atau petualangan penggunanya. Gear 2 dan Gear 2 Neo juga dilengkapi dengan pelbagai fitur antara lain adalah Bluetooth LE, pemutar musik, dan aplikasi untuk notifikasi sms dan email, ChatOS, senter, dan S Voice.

Seperti yang dikutip TeknoFlas dari Slashgear (23/02/2014) Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo akan mulai dipasarkan pada April 2014. Sayangnya, tak diketahui harga smartwatch Gear 2 dan Gear 2 Neo.