TeknoFlas.com – Smartphone Nokia X akhirnya secara resmi mendarat di Indonesia dan dijual dengan harga Rp 1,6 juta. Pabrikan asal Finlandia ini menggandeng Telkomsel untuk mendistribusikan smartphone yng sebelumnya dikenal dengan nama Normandy.

Nokia X
Nokia X

Nokia X ini diluncurkan di SCBD yang berlokasi di Senayan, Jakarta pada Kamis (27/03/2014) atau hari ini. Smartphone Nokia X datang dengan desain khas Nokia berbalut casing plastik dan tersedia dalam beberapa varian warna menarik, sama seperti seri Lumia dan Asha.

Salah satu kelebihan smartphone Nokia X ini adalah penggunakan sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean yang telah dimodifikasi secara besar-besaran. Kendati demikian, Nokia mengatakan bahwa smartphone Nokia X kompatibel dengan 70% lebih aplikasi di Android dan tak didukung akses ke Google Play Store.

Pabrikan asal Finlandia yang kini telah diakuisisi oleh Microsoft ini akan memboyong dua varian lain dari Nokia X, yakni Nokia X+ dan Nokia XL. Kedua varian tersebut akan tersedia dalam enam varian warna, sama dengan Nokia X, yakni merah, kuning, hijau, biru, hitam, dan putih.

Nokia X dibekali dengan bentang layar sentuh 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 233 piksel per inci berteknologi TFT LCD. Spesifikasi layar Nokia X ini cukup standar di kelasnya.

Smartphone Nokia X ini dibekali dengan ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD. Tak hanya itu, Nokia X juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM.

Sektor kinerja, Nokia X Android ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya berkat sokongan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Kinerja grafis Nokia X juga cukup tinggi berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno.

Seperti yang dilansir dari Detik pada Kamis (2703/2014), Nokia X mengusung kamera dengan resolusi 3 megapiksel yang menghadap ke belakang pada Nokia X. Sayangnya, Nokia X tidak disertai dengan kamera depan untuk mengakomodasi aktivitas video chat atau video call.