Teknoflas.com – Operator nomor satu di Indonesia, Telkomsel, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memboyong kacamata canggih Google Glass ke pasar Tanah Air. Pembesut kartu seluler Simpati dan Kartu As ini kabarnya akan menjual Google Glass dengan harga Rp 20 juta.

Google Glass
Google Glass

Telkomsel akan menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang memasarkan kacamata canggih buatan mesin pencari Google tersebut. Meski demikian, Telkomsel mengungkapkan bahwa saat ini masih mempelajari potensi dan peluang pemasaran Google Glass jika dijual dengan harga Rp 20 juta di Indonesia.

Google Glass sendiri mulai dipasarkan untuk umum sejak seminggu yang lalu dan terbatas untuk wilayah Eropa dan Amerika Serikat saja. Di wilayah tersebut, Google Glass dijual dengan harga $1500 atau sekitar Rp 17 jutaan. Harga Google Glass memang cukup mahal karena teknologi baru.

Google Glass sendiri sebenarnya memiliki spesifikasi mirip smartphone yang mengusung prosesor dual-core berkecepatan 1,2GHz dari TI OMAP yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Kacamata cerdas ini dilengkapi dengan layar proyektor dengan resolusi 640 x 360 piksel.

Telkomsel nantinya akan meluncurkan Google Glass dengan bundling layanan data dan sistem billing khusus. Namun, sampai saat ini belum ada informasi pasti mengenai kapan kacamata cerdas ini mulai masuk pasar Indonesia.

“Namun jika dikomersilkan nanti harganya bisa sekitar Rp 15 juta hingga Rp 20 juta karena ada pajak pertambahan nilai dan lainnya. Sekarang masih kami pelajari dulu peluangnya. Kita lihat animonya apakah orang Indonesia mau beli Rp 20 juta untuk kacamata ini. Dari situ kita bisa tahu butuh berapa. Tinggal bilang sama Google,” kata Ivan Cahya Permana, seperti yang dilansir dari Detik (22/04/2014).