TeknoFlas.com – Bagi kaum hawa dua produk kecantikan yaitu BB Cream dan CC Cream adalah produk yang dicari dan populer dalam beberapa tahun terakhir ini. BB Cream dan CC Cream punya fungsi yang hampir sama.

Cara Memilih BB Cream dan CC Cream

Ketahuilah cara membedakan dan memilih produk ini sesuai kebutuhan kita. Nah, berikut ini ada beberapa cara atau tips bagaimana memilih BB Cream dan CC Cream yang tepat.

BB Cream atau Blemish Balm merupakan produk yang dikembangkan di Jerman, namun menjadi populer di Jepang dan Korea. Maka tak heran bila banyak produk BB yang berasal dari kosmetik Korea, meski kini ada pula produk BB yang berasal dari kosmetik Amerika ataupun Prancis.

BB memiliki warna yang lebih ringan ketimbang foundation dan memiliki kemampuan menutupi noda dengan cukup baik, seperti halnya tinted moisturizer (pelembap berwarna).

Umumnya, BB dari Korea hanya memiliki satu atau dua warna saja. Sehingga saat disapukan pertama kali ke wajah akan tampak putih, namun lama kelamaan warnanya akan menyatu dengan warna asli kulit Anda.

BB mampu meratakan warna kulit dan menyamarkan noda di wajah. Mereka juga dapat mencerahkan kulit, karena beberapa BB memiliki kandungan pencerah kulit.

Pada awalnya, BB digunakan untuk mereka yang baru saja menjalani perawatan facial atau untuk mereka yang memiliki wajah berjerawat. Sehingga jika Anda memiliki wajah berjerawat, BB akan aman dipakai untuk Anda.

Apabila Anda tipe orang yang tak suka menggunakan foundation karena terkesan ‘berat’ di wajah, maka BB bisa menjadi pilihan tepat untuk kegiatan sehari-hari. Pilih juga BB yang mengandung SPF, misalnya SPF 30, untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

Anda bisa menggunakan bedak ataupun tidak setelah menggunakan BB. Karena pada dasarnya BB sudah membantu meratakan warna kulit Anda.

Sementara CC Cream atau Color Correcting Cream merupakan pengembangan lebih jauh lagi dari BB. CC Cream diklaim bisa menutupi warna merah pada wajah dan kulit yang terlihat kusam.

CC umumnya memiliki konsistensi seperti mousse atau lebih kental dibanding BB. Beberapa CC juga memiliki kandungan yang dapat menghilangkan noda hitam pada wajah jika dipakai dalam waktu yang panjang.

Selain itu, CC yang umumnya dikembangkan oleh perusahaan kosmetik Barat, memiliki pilihan warna yang beragam. Sehingga Anda bisa memilih CC Cream sesuai dengan warna kulit Anda, apakah itu putih, kecokelatan, atau cenderung gelap.

Bagi Anda yang memiliki warna kulit wajah tidak merata, noda hitam, bekas jerawat, kulit berwarna merah, dan lain sebagainya, maka CC Cream akan cocok untuk Anda.

CC juga bagus dipakai untuk kulit yang lebih dewasa. Rasa saat memakai CC Cream hampir mirip dengan BB, yaitu akan terasa ringan di wajah dan tidak seperti memakai makeup.

Sama pula seperti BB, sebaiknya pilih yang mengandung SPF agar kulit Anda tetap terlindungi saat beraktivitas.