TeknoFlas.com – Blackberry menjadi salah satu ponsel pilihan pengguna gadget terutama di Indonesia. Ponsel ini diklaim simple dan mobile karena cepat dalam mengirim pesan, email ataupun BBM.

Tips Menghemat Baterai BlackBerry

Kelemahan BlackBerry terjadi pada faktor daya baterai yang cepat habis. Hal ini bisa menghambat kinerja kita dalam usaha atau bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu perhatikan tips berikut bagaimana menghemat beterai BlackBerry.

1. Matikan Wifi bila tidak digunakan

Sambungan yang terhubung ke Wifi memakan banyak daya batere, jadi jika Anda ingin menghemat batere Anda dapat mematikan Wifi karena hal tersebut akan menghemat daya hingga 20%.

2.Atur Ulang Backlight BB Anda

Backlight atau pencerahan yang dihasilkan BB Anda secara tidak langsung menggerogoti batere Anda. Mengubah kecerahan hape Anda dari hight ke normal dapat menghemat batere hingga 10%.

3. Ubah Timeout Backlight Anda

Gunakan 20 atau 30 detik saja untuk bekerja sudah cukup. Memiliki batas waktu panjang pada backlight Anda membuat layar dari tinggal terlalu lama dan memakan baterai Anda.

4. Matikan Bluetooth

Jika tidak digunakan, memiliki Bluetooth aktif perlahan-lahan dapat mengambil dari hidup baterai Anda secara keseluruhan. Bila Anda tidak menggunakan Bluetooth lebih baik Anda matikan meskipun tidak terhubung, namun itu dapat menyerap daya batere.

5. Ubah Network Settings

Ubahlah setelan Anda jaringan data anda dari 3G ke 2G atau bahkan mematikan data secara lengkap dan menyelamatkan beberapa bar baterai yang berharga. Meskipun nanti akan menjadi lambat, namun cara ini dapat membersihkan perangkat-perangkat yang terus menghisap batere lewat koneksi data.

6. Gunakan Auto On / Off fitur atau Mode Tempat Tidur

Ini adalah fitur sederhana namun tidak terlalu terkenal di BlackBerry Smartphone. Dibangun di OS, fitur ini memiliki kemampuan secara otomatis menghidupkan perangkat dan mematikannya pada waktu yang telah ditentukan. Hal ini sangat berguna untuk menghemat baterai serta mengaktifkan atau menonaktifkan perangkat ketika anda sedang tidur, atau dalam pertemuan sehari-hari.

7. Aktifkan password Anda

Selain sebagai penguncian perangkat, Password juga dapat membantu Anda dalam menghemat baterai. Saat BB disimpan dalam saku atau tas akan ada kemungkinan ia tersenggol dengan benda dan tidak sengaja menyala. Untuk mencegah hal ini Anda bisa menggunakan tombol kunci pada perangkat Anda atau menyetel kata sandi perangkat dengan timeout.

8. Hapus Aplikasi yang tidak digunakan

Cukup menutup aplikasi yang tidak terpakai, dapat membantu daya tahan baterai Anda. Terdepat beberapa aplikasi tertentu yang terus-menerus menarik lokasi GPS Anda atau perfom tugas-tugas lain yang benar-benar menghambat hidup baterai Anda jika tidak digunakan.

9. Pengaturan update media sosial

Aplikasi seperti Twitter, Facebook dan lain-lain yang berjalan di latar belakang pada perangkat Anda dapat memakan daya tahan baterai yang berharga dalam waktu singkat.

Aplikasi ini terus-menerus me-refresh pada interval tertentu dan perlahan-lahan menghabiskan daya batere . Anda dapat menghemat batere, dengan mengubah setiap aplikasi yang memiliki refresh latar belakang, Anda ubah refresh rate atau bahkan sepenuhnya. Twitter misalnya dapat diatur untuk me-refresh di mana saja dari 5 menit sampai 1 jam.

10. Mengisi Perangkat Anda (dan membeli baterai cadangan!)

Last but not least Mengisi daya perangkat Anda setiap kali Anda memiliki kesempatan. Baik itu di rumah atau di kantor Anda dengan dinding pengisi standar atau BlackBerry pengisian polong, di mobil Anda dengan charger mobil atau di mana pun Anda berada. Pengisian di waktu turun Anda jelas cara terbaik untuk menjaga baterai Anda dan berjalan sepanjang hari.