Teknoflas.com – Ada banyak aplikasi untuk android yang dapat Anda gunakan dan Anda manfaatkan layanannya. Tapi ada beberapa aplikasi android yang dapat membuat HP ataupun PC menjadi lemot. Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat HP ataupun PC android Anda lemot salah satunya adalah kapasitas RAM. Besarnya RAM yang dibawah 1 GM menjadikan android Anda menjadi lemot saat menjalankan multitasking. Prosesor yang digunakan juga dapat berpengaruh pada kinerja HP ataupun PC dengan aplikasi android.

aplikasi untuk android
Aplikasi Android Agar Tidak Lemot (Ilustrasi:Doc)

Semakin besar kapasitas RAM dan semakin baik prosesor yang digunakan semakin cepat pula HP ataupun PC Anda dalam membuka aplikasi yang di kehendaki secara bersamaan. Sebenarnya ada beberapa aplikasi android yang dapat Anda gunakan untuk membuat HP ataupun PC menjadi tidak lemot. Aplikasi yang dapat mengoptimalkan kinerja android Anda yaitu aplikasi clean master, DU speed booster, SD Maid, Cleaner For Android, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membuat HP ataupun PC menjadi tidak lemot setelah di root.

Aplikasi untuk Android yang sudah di Root

Jika Hp Anda telah di root tentu kinerjanya tidak seperti dulu sebelum di root. Anda perlu menggunakan aplikasi untuk android yang sudah di root agar performa android Anda menjadi semakin keren dan oke banget. Aplikasi-aplikasi tersebut juga digunakan untuk membuat Android tidak lemot ketika digunakan. Beberapa aplikasi yang wajib Anda miliki sesudah di root yaitu Greenify, titanium backup, link2SD, AdBlock Plus, freedom, dan Xposed installer. Aplikasi tersebut sangat penting dimiliki agar HP dan PC android Anda menampilkan performa yang maksimal.

Aplikasi Greenify merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan umur baterai dan menambah kapasitas RAM pada android Anda. Fungsi hibernate pada aplikasi Greenify adalah membuat aplikasi-aplikasi yang sedang digunakan oleh Anda tertidur. Selain Greenify, Anda juga dapat menggunakan aplikasi titanium backup. Aplikasi tersebut berfungsi untuk membackup data dan ROM yang Anda gunakan. Aplikasi ini akan menjadwal untuk mematikan aplikasi yang tidak digunakan oleh Anda sehingga kinerja android yang sudah diroot dapat berjalan dengan maksimal dan tidak lemot.

Aplikasi untuk Android Agar Tidak Lemot

Aplikasi untuk android agar tidak lemot yang lainnya yang dapat Anda gunakan, yaitu AdBlock plus. AdBlock plus berfungsi untuk menghilangkan iklan-iklan yang muncul di android ketika Anda melakukan browsing. Tujuan Anda melakukan root yaitu untuk menghilangkan iklan-iklan yang tidak penting ketika Anda browsing internet. Dengan adanya AdBlock plus Anda dapat memfilter semua iklan-iklan yang ditampilkan. Kebanyakan iklan yang ada memang membuat android menjadi lemot dan dengan adanya AdBlock plus menjadikan kinerja android menjadi lancar.

Aplikasi link2SD merupakan aplikasi wajib yang musti Anda miliki setelah HP atau PC android di root. Dengan bantuan aplikasi link2SD Anda dapat memindahkan dan menginstal aplikasi dari memori internal ke dalam memori eksternal. Smartphone dengan ukuran memori internal yang kecil sangat dianjurkan untuk menggunakan aplikasi ini. Aplikasi-aplikasi android seperti game yang berada di memori internal dapat Anda pindahkan di memori eksternal sehingga kinerja android menjadi tidak lemot dan lancar jaya. Aplikasi ini memang sangat menguntungkan bagi smartphone dengan memori internal kecil tapi ingin memiliki banyak aplikasi.

Aplikasi untuk android selanjutnya yang dapat digunakan untuk membuat android tidak lemot setelah di root yaitu aplikasi freedom. Aplikasi freedom wajib dimiliki oleh para gamers. Dengan aplikasi ini para gamer dapat membeli games tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Tapi cara menggunakannya Anda harus benar-benar memperhatikannya karena sangat berpengaruh pada akses Google Play Store. Selain itu, android Anda tetap berjalan dengan lancar dan tanpa lemot saat menggunakan aplikasi freedom tersebut. Menyenangkan dan mudah bukan? Anda memang wajib memilikinya dan memasangnya di android Anda.

Aplikasi untuk Android PC

Bukan hanya HP atau smartphone yang dapat lemot android PC juga dapat lemot. Agar PC android Anda tidak lemot, Anda perlu memasang beberapa aplikasi untuk android PC agar dapat bekerja dengan maksimal dan performanya juga menawan. Anda memerlukan aplikasi clean master untuk membersihkan PC android yang Anda miliki. Aplikasi ini berfungsi membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai lagi pada PC Anda dan menjadikan kapasitas space penyimpanan menjadi lebih luas. Hal inilah yang membuat PC android terhindar dari lemot dan lelet saat melakukan membuka beberapa aplikasi.

Selain itu, aplikasi lain yang dapat digunakan yaitu aplikasi DU speed booster. Aplikasi ini memiliki feature one-touch accelerator yang memungkinkan android PC padat bekerja secara optimal dalam sekali klik. Aplikasi android DU speed booster ini juga dilengkapi dengan application manager, antivirus, serta internet speed test. Aplikasi untuk android ini juga memiliki fitur trash cleaner seperti halnya aplikasi clean master. Fitur trash cleaner memiliki fungsi untuk dapat membersihkan file-file sampah dan aplikasi yang sudah tidak lagi terpakai agar kerja android dan performanya dapat maksimal. Anda dapat mencobanya di PC Anda dengan cara yang sangat mudah.

Ada banyak aplikasi untuk android yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan performa HP dan PC. Aplikasi tersebut juga dapat menjaga kinerja android agar tidak lemot setelah di root. Bagi yang belum pernah melakukan root juga dapat memilikinya agar android dapat beroperasi dengan lancar dan tanpa adanya kendala. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat meminimalisir masalah yang membuat kinerja android menjadi lemot atau berjalan tidak maksimal. Anda memang perlu memiliki aplikasi seperti aplikasi untuk memperluas space memori jika Anda memiliki memori internal yang terbatas.

Aplikasi-aplikasi android untuk HP dan PC yang belum di root juga dapat digunakan pada HP dan PC yang sudah pernah mengalami root. Hanya saja, pada HP ataupun PC yang telah di root Anda perlu memperhatikan beberapa aplikasi atau Anda perlu menambah beberapa aplikasi yang dapat menjaga privasi Anda agar tetap aman dan tidak bocor. Mengapa demikian? Karena biasanya HP ataupun PC yang telah di root rawan kebocoran privasi. Tapi dengan adanya aplikasi yang dapat menanggulanginya membuat Anda dengan leluasa menggunakan dan menjalankan aplikasi dengan mudah. Selamat mencoba aplikasi untuk HP dan PC Anda agar dapat bekerja dengan maksimal.