bahaya-jajan-sembarangan

Bagi beberapa orang, mereka memilih untuk membeli makanan di luar atau jajan daripada harus mengkonsumsi makanan yang lebih bernutrisi. Mungkin disebabkan karena jajan lebih instan karena anda tidak perlu membuatnya sendiri, hal lain yang mungkin menjadi penyebab yaitu jajan juga lebih cepat. Namun dibalik kelebihannya, terselip juga keburukan jajan yang berbahaya bagi kita jika sering mengkonsumsinya.

Jajan memang sebuah makanan yang pas untuk mengisi waktu luang yang mungkin anda lewati bersama teman atau kekasih anda. Namun tahukah anda bahwa jajan ini jika anda konsumsi secara berlebihan menimbulkan dampak buruk bahkan tak hanya bagi kesehatan tubuh anda? Keburukan dari jajan yaitu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Terutama pada makanan cepat saji yang tersedia di pinggir pinggir jalan. Kebanyakan makanan cepat saji mengandung lemak tidak sehat yang mampu mengancam kesehatan tubuh anda. Oleh karena itu jika anda tidak terpaksa untuk membeli sebaiknya hindari makanan cepat saji ini. Ketahui beberapa keburukan jajan berikut.

1. Mengandung bahan berbahaya

Kebanyakan penjual jajanan tidak terlalu memperdulikan apa kandungan makanan yang dijualnya itu, mereka hanya mementingkan keuntungan pribadi. Walaupun tidak semua penjual seperti itu, namun kita perlu mewaspadai hal ini untuk menjaga tubuh kita dari zat berbahaya. Akan lebih parah jika bahan berbahaya tersebut merupakan salah satu jenis penyebab kanker.

2. Mengandung penyedap rasa

Hampir semua makanan atau jajan yang dijual di pinggir jalan menggunakan bahan penyedap untuk menambah cita rasa makanannya tersebut sehingga orang yang memakannya akan merasa lezat dan mungkin akan membelinya lagi. Penyedap ini jika dikonsumsi terus menerus dapat menyebabkan gangguan pada otak, mungkin anda akan merasakan pusing setelah itu.

3. Minyak goreng bekas

Penjual jajanan yang digoreng kebanyakan lebih memilih untuk menggunakan minyak goreng bekas dengan waktu yang cukup lama untuk memperoleh keuntungan karena tidak perlu membeli minyak goreng lagi. Namun dampaknya bagi yang mengkonsumsi sangat buruk karena minyak goreng bekas ini bersifat karsinogenik.

4. Mengandung formalin

Formalin ini merupakan hal yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Hal itu karena pada normalnya fungsi formalin ini hanya digunakan untuk mengawetkan mayat, namun banyak pihak tak bertanggung jawab yang menggunakannya untuk mengawetkan makanan sehingga tahan dalam waktu lebih lama. Bisa anda bayangkan jika anda mengkonsumsi pengawet mayat?

5. Mengandung pewarna kain

Bahaya lainnya dari jajanan ini yaitu karena di dalamnya mengandung pewarna tekstil. Kita tahu bahwa pewarna makanan memang harganya cukup mahal sehingga para penjual jajan ini memanfaatkan pewarna tekstil pada makanan yang dijualnya untuk menghemat modal. Jika zat ini dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang maka dapat memicu resiko terkena penyakit kanker.