Orang sukses pandai mengatur waktu dan memanfaatkan sebaik mungkin. Oleh karena itu, jangan menyepelekan setiap detik waktu yang terus berdetak. Lalu, bagaimana cara mengatur waktu?

Sebenarnya tidak begitu sulit asal ada niat untuk melakukannya. Silahkan coba tips berikut ini yang sudah dibuktikan oleh para orang sukses di dunia.

cara mengatur waktu
Cara mengatur waktu ala orang sukses (doc/activategroupinc.com)

Perwakilan tugas

Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Orang sukses bahkan tidak bisa mengetahui dan melakukan segala hal sendirian. Oleh karena itu, dia mencari orang-orang terbaik yang dapat mewakili tugasnya. Dia memanfaatkan kemampuan dan orang lain untuk memecahkan permasalahannya sehingga punya banyak waktu untuk melakukan tugas yang lain.

Mengatasi hambatan

Orang sukses berusaha mengatasi hambatan terbesar dalam hidupnya, terutama sesuatu yang membuatnya sulit mengatur waktu. Oleh karena itu, dia mencari sebuah solusi dan coba membangun konsistensi demi mencapai tujuan besar. Dengan menaati pembagian waktu yang tersusun rapi maka semua berjalan lancar.

Membuat prioritas

Cara mengatur waktu yang baik yaitu membuat prioritas. Mana saja yang penting, mendesak dan layak ditangani terlebih dahulu. Oleh karena itu, awali hari dengan melakukan sesuatu yang lebih penting prioritasnya atau menjalani yang paling berat ke ringan dan bukan sebaliknya.

Fokus

Selalu fokus terhadap apa yang ada di depan mata, jangan lakukan sesuatu yang kurang penting saat tengah bekerja. Intinya adalah fokus pada satu hal demi memperoleh hasil terbaik.

Evaluasi

Adapun cara mengatur waktu yaitu membuat penilaian. Coba lakukan evaluasi terhadap kinerja pemanfaatan waktu, tuliskan dalam sebuah catatan atau jurnal untuk mengetahui hal-hal apa saja yang memicu pemborosan waktu dalam kegiatan sehari-hari.

Memanfaatkan waktu luang

Orang sukses selalu memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan positif yang mendukung pekerjaannya. Contoh, memanfaatkan waktu kosong untuk membaca buku untuk pengembangan usaha.

Menciptakan kebiasaan

Selalu mematuhi jadwal waktu yang sudah tersusun rapi dan menerapkannya secara konsisten sehingga menjadi kebiasaan sehari-hari yang sulit terabaikan.

Perencanaan awal

Orang sukses selalu menjalankan segala sesuatunya dengan perencanaan matang, begitu juga dalam menyusun pembagian waktu untuk esok atau beberapa hari ke depan. Inilah salah satu cara mengatur waktu yang meningkatkan efektifitas.