Konami sudah mengumumkan tanggal perilisan Pro Evolution Soccer (PES) 2016 dan memamerkan trailer video di YouTube. Menurut rencana, game sepakbola ini bakal meramaikan pasar USA pada 15 September disusul Eropa pada 17 September mendatang.

Selain dirilis untuk sejumlah platform konsol seperti Xbox 360, Xbox One, Playstation 3 dan Playstation 4, bocoran spesifikasi PES 2016 untuk PC pun tergolong tidak memberatkan. Lalu, apa sih yang membuat game sepakbola legendaris ini layak diperhitungkan? Inilah hal unik yang ditawarkan oleh Konami.

PES 2016
Hal unik PES 2016

1. Kiper lebih atraktif

Konami mengusung fitur Player ID yang membuat karakter pemain PES 2016 bergerak mirip pemain aslinya. Kali ini kiper turut disuntik fitur Goal Keeper ID sehingga kemampuannya di atas lapangan lebih mirip dengan yang asli, baik dari segi Deflecting, Collapsing, Clearance dan Catching.

2. Cuaca dinamis

Bermain semakin seru dengan adanya fitur Dynamic Weather, yakni cuaca akan berubah-ubah selama pertandingan berlangsung, bisa saja dari cuaca panas hingga tiba-tiba mendung hingga akhirnya turun hujan. Jalannya pertandingan sewaktu hujan ataupun salju lebih mirip pertandingan asli, contoh pemain terpeleset ketika mengejar bola dan sebagainya.

3. Kebebasan edit mode

Pemain bebas menentukan mode edit sesuai keinginan, kali ini pihak Konami menyediakan fitur Import Images untuk versi PS3 dan PS4. Hal ini mempermudah pemain mengubah team kit dan emblem sesuai keinginan, termasuk menentukan penampilan sang manager/pelatih.

4. Sudut pandang kamera dinamis

Dibanding seri-seri sebelumnya, sudut pandang kamera jauh lebih dinamis terutama saat memakai setting kamera Wide. Pemain lebih leluasa melihat aksi-aksi yang terjadi di atas lapangan. Kamera akan menyesuaikan pergerakan bola sehingga menampilkan sudut pandang yang lebih menarik.

5. Komentator lebih seru

Jim Beglin dan Jon Champion merupakan komentator legendaris dalam seri game PES. Kali ini Konami ikut menambahkan komentator baru seperti Marco Hagemann (bahasa Jerman) dan Peter Drury (bahasa Inggris). Jalannya pertandingan lebih seru karena komentator ikut mengomentari performa tim, perkembangan skill dan transfer pemain.

6. Animasi lebih nyata

Pergerakan karakter pemain digambarkan dengan animasi yang jauh lebih nyata sehingga jalannya pertandingan tampak seperti sungguhan. Animasi untuk kiper juga ditambahkan dan diperhalus. Ekspresi pemain juga lebih beragam, terutama ketika memprotes keputusan wasit usai terjadi pelanggaran dan sebagainya.

7. Fox Engine diperbarui

Konami memperbarui Fox Engine dari segi visual. Contohnya, efek pertandingan ketika turun hujan jauh lebih nyata, ada cipratan air ketika pemain terjatuh ataupun tackling. Pencahayaan lapangan ketika pertandingan malam hari jauh lebih menarik dan pergerakan bola jadi lebih realistis.

8. Kontrol lebih leluasa

Pemain akan merasakan sesuatu yang berbeda ketika menggerakkan karakter pemain. Pergerakan jauh lebih leluasa, begitu juga dengan respon. Pergerakan membawa bola melewati pemain lawan jadi lebih seru, bahkan diterapkan sejumlah gaya feint baru yang membuat pemain lawan terjatuh ketika mengejar bola.