Gelandang jangkar Feyenoord, Jordy Clasie, tampaknya lebih memilih bergabung ke Liga Inggris bersama Southampton daripada terbang ke Italia dan berseragam biru langit yang menjadi ciri khas Lazio.

Dalam beberapa hari terakhir, Aquile – julukan Lazio – disebut sebagai klub terdepan untuk mengamankan jasa bintang timnas Belanda tersebut. Clasie diplot sebagai pengganti gelandang Argentina, Lucas Biglia, yang diprediksi bakal angkat kaki dari klub kota Roma tersebut.

Jordy Clasie
Jordy Clasie (doc/express.co.uk)

Akan tetapi, menurut harian surat kabar Inggris Metro, Clasie kemungkinan besar bergabung ke Southampton meskipun Lazio menawarkan kesempatan bermain di kompetisi level atas Eropa, yakni Liga Champions 2015/16.

Manajer The Saints – julukan Southampton – Ronald Koeman sudah memastikan keinginan untuk merekrut gelandang timnas Belanda itu untuk menggantikan peran Morgan Schneiderlin.

Kabar kepindahan Clasie dari tanah Belanda sudah ditunjukkan lewat kicauan akun resmi Feyenoord yang menuliskan, ‘Jordy Clasie tidak ikut bermain melawan Fortuna Dusseldorf di laga sore ini. Adapun alasan utama yaitu ketertarikan serius sebuah klub untuk merekrut sang kapten.’

Menurut informasi laman Transfermarkt, harga Jordy Clasie ditaksir sekitar €12 juta. Ia sudah lama diincar oleh sejumlah klub top Eropa seperti Sporting Lisbon, Fiorentina, Wolfsburg, Southampton hingga Lazio. Clasie merupakan salah satu bakat muda timnas Belanda yang berposisi sebagai deep-lying midfielder.

Clasie terkenal dengan passing akurat yang mengatur tempo permainan, penyeimbang antara lini tengah dan belakang. Publik Belanda sering membandingkan dirinya dengan sosok ikonik Barcelona, Xavi Hernandez.

Lazio sendiri tengah getol mencari gelandang yang bisa menggantikan peran Lucas Biglia. Dalam beberapa musim terakhir, penampilan bintang Argentina itu sukses menarik perhatian sejumlah klub top Eropa, termasuk Real Madrid.

Harga pasaran yang kian melambung tinggi membuat manajemen Lazio tergoda untuk melepasnya. Clasie dipandang sosok sempurna mengingat usianya yang masih muda, cocok dijadikan sebagai investasi masa depan menjanjikan.

Pindah ke Lazio sebenarnya opsi yang menarik bagi Clasie. Tim biru langit itu akan berkompetisi di Liga Champions 2015/16, tak seperti Southampton yang hanya tampil di Liga Eropa. Apalagi tim asal kota Roma itu baru saja mendatangkan seorang bek muda Belanda dan Stefan de Vrij yang sudah lebih dahulu bergabung musim lalu.