9
Teknoflas.com Inovasi terbaru muncul dari Jide, yang merupakan sebuah perusahaan berbasis di Tiongkok dimana produsen ini baru saja meluncurkan sebuah perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi Android. Seperti yang diketahui sebelumnya, sistem operasi Android ini biasanya cenderung digunakan oleh ponsel maupun tablet, bagaimana jika digunakan dalam sebuah perangkat komputer?

Sebelumnya, Jide juga pernah meluncurkan sebuah tablet yang disematkan dengan OS buatan mereka sendiri dan dinamai Remix OS dengan basis Android. Remix OS ini terdapat taskbar, sehingga tampilannya lebih menyerupai taskbar pada perangkat komputer yang biasa kita temui.

Perangkat komputer ini diberi nama Jide Remix Mini. Bentuknya kecil, tidak seperti perangkat komputer pada umumnya. Untuk jeroannya, Jide Remix Mini disokong oleh prosesor sebesar 1.5 GHz ARM Cortex-A53 dari Allwinne yang sudah quad-core, dan ditemani oleh RAM sebesar 2GB. Untuk penyimpanannya, menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar 16GB.

Untuk konektivitas, Jide Remix Mini sudah ditanamni WiFi 802.11b/g/n WiFi, Bluetooth 4.0, dan konektor HDMI sebagai output layar. Perangkat komputer kecil ini juga dilengkapi dengan konektor USB 2.0 sebanyak 2 buah, konektor LAN, dan konektor jack untuk headphone.

Dalam penggunaannya, cukup memasang layar melalui konektor HDMI yang sudah tersedia. Sedangkan untuk menghubungkan dengan mouse atau keyvoard, dapat menggunakan soket USB. Program atau aplikasi yang dijalankan tentunya tidak bisa menggunakan program dari sistem operasi Windows atau Macintosh, kecuali program tersebut juga tersedia di platform Android.

Kabarnya, perangkat dari Jide ini akan tersedia pada bulan Oktober mendatang, dengan kisaran harga 50 USD atau sekitar 700 ribu Rupiah.