gelombanglaut

 

Teknoflas.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memantau perkembangan cuaca di perairan Bangka Belitung yang memburuk beberapa waktu ini. BMKG menghimbau untuk mewaspadai hal tersebut kepada pada pengguna jasa transportasi laut yang berada di daerah Selat Galasa. Berdasarkan pantauan tersebut, Selat Galasa yang terdapat di Bengka Belitung berpotensi gelombang tinggi akibat dari cuaca buruk.

Potensi angin kencang yang diperkirakan dapat mencapai hingga 43 kilometer per jam akan memicu naiknya gelombang laut. Di mana tinggi gelombang yang naik dapat diperkirakan dari tiga hingga 3,5 meter.

Pengguna jasa laut sangat dihimbau agar berhati-hati. karena hal ini dapat mengancam keselamatan. himbauan tersebut juga untuk nelayan yang menangkap ikan hingga tengah laut. untuk sementara, lebih baik tidak menangkap ikan terlalu jauh mengingat potensi gelombang tinggi akibat dari cuaca buruk.

“Kami minta kepada para pengguna jasa laut untuk berhati-hati apabila melewati perairan ini mengingat gelombang tinggi ini dapat mengancam keselamatan,” kata salah satu staf BMKG (10/9)

Tidak hanya Selat Galasa yang memiliki potensi bergelombang tinggi, kondisi gelombang laut di perairan lainnya seperti Selat Bangka diperkirakan mencapai saru hingga dua meter disertai angin dengan kecepatan 34 kilometer per jam bergerak dari timur menuju selatan. Walaupun demikian, pantauan satelit cuaca masih belum memperlihatkan adanya potensi yang terjadi di dataran Bangka Belitung.