Teknoflas.com – Seperti diketahui, saat ini ada empat sistem operasi smartphone yang eksis di pasaran dunia, mulai dari Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone. Walaupun nama pertama sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, masih ada calon pengguna pemula yang kebingungan memilih jenis smartphone yang cocok.

Berikut ulasan singkat memilih sistem operasi smartphone yang sesuai dengan karakter pribadi si calon pengguna.

Pilih smartphone menurut karakter pribadi
Pilih smartphone menurut karakter pribadi

1. Android

Dibandingkan sistem operasi lain, smartphone android lebih banyak update secara teknis. Walaupun tidak mengutamakan privasi dan keamanan, sebagian besar aplikasi di toko robot ijo milik Google adalah gratis. Sistem operasi ini sangat cocok untuk pengguna yang doyan utak-atik beragam hal berkaitan dengan teknologi.

2. BlackBerry

Jika berbicara soal keamanan, BlackBerry layak dapat acungan jempol. Tak heran jika banyak dipakai untuk aktivitas kerja, selain itu dilengkapi dengan beragam fitur berguna. Sayangnya BlackBerry tidak banyak menyediakan aplikasi seperti android. Sebagian besar pengguna smartphone ini adalah pekerja kantoran yang menyukai rasa aman dan percaya segala sesuatu harus ada tempatnya.

3. iOS

Apple iPhone masuk ke pasaran dengan desain elegan serta aplikasi berbeda. Smartphone ini sangat cocok untuk pengguna yang lebih mementingkan status sosial apalagi didukung dengan harga jual yang mahal. Pengguna iOS tak hanya memakai smartphone kesayangan untuk aktivitas komunikasi, namun memamerkan sesuatu. Mereka lebih mengutamakan kualitas dan bersedia bayar mahal untuk itu.

4. Windows Phone

Sistem operasi mobile ini terkenal dengan kecepatan integrasi dengan perangkat windows lainnya. Tak heran bila pengguna smartphone jenis ini masuk kategori yang lebih mengutamakan efisiensi dan kecepatan. Mereka tak suka mempelajari sesuatu baru yang rumit dan tak mau tampak seragam dengan orang lain.

Bahkan ada kesimpulan yang menyebutkan bahwa Windows Phone lebih menyenangkan dari BlackBerry, lebih mandiri dari iPhone tetapi tak suka perubahan dibandingkan android.