2ZCO4AhcoU

Teknoflas.com – Jika anda berpikir bahwa kelumpuhan mampu membuat ketidakmampuan dalam berjalan, anda salah. Karena baru saja Seorang lelaki telah mengalami kelumpuhan selama lima tahun akibat menderita cedera tulang belakang, sekarang telah membuktikan ia mampu berjalan kembali karena kekuatan pikiran.

Peneliti-peneliti dari Universitas California, Irvine, sangat yakin bahwa otak memiliki kontrol secara langsung yang dapat membuat kaki seseorang dapat berjalan kembali. Hal tersebut berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of NeuroEngineering and Rehabilitation.

Stuudi tersebut melibatkan seorang pria yang mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya. Peserta tersebut ialah penderita kelumpuhan yang dapat berjalan kembali dengan tidak menggunakan bantuan anggota badan robot yang dikendalikan secara manual.

Dokter menghubungkan lpria tersebut terhadap sistem electroencephalogram (EEG) yang mengambil sinyal listrik di otaknya dan mengirim tembakan ke elektroda di mana ditempatkan di sekitar lututnya. Hal tersebut didokumentasikan di dalam bentuk video. Dari video tersebut menunjukkan bahwa peserta menggerakkan kakinya secara perlahan namun pasti dan berjalan sepanjang 12 langkah dalam sebuah latihan. An Do, salah satu pemimpin penelitian, mengatakan bahwa walaupun telah bertahun-tahun lumpuh, otak masih dapat menghasilkan gelombang otak yang kuat yang dapat dimanfaatkan untuk mengaktikan dasar untuk berjalan.


Pengujian dilakukan selama 19 minggu untuk mengaktifkan kemampuan berjalan peserta melalui pelatihan mental. Pertama, peserta duduk dan memakai topi EEG kemudian memasuki dunia virtual. Peserta tersebut berhasil berjalan, sambil tergantung dua inci dari permukaan lantai di mana ia dapat menggerakkan kakinya tanpa alat dukung. Kemudian pada kunjungan ke-20, akhirnya ia dapat berjalan di atas lantai tanpa mengenakan alat pendukung berat tubuh yang membantunya agar tidak jatuh.