50b6458d36535b1b3200001f

Teknoflas.com – Sangat khawatir, demikian mungkin rasanya ketika melihat anak anda bermain tanpa menggunakan alas kaki. Terlebih, beberapa waktu yang lalu terdapat isu yang mengatakan terdapat cacing yang mampu menembus kulit kaki. Pasti, anda sebagai orang tua tidak akan tenang jika tidak memastikan langsung bahwa kaki si kecil telah terlindungi dengan alas kaki.

Banyak rumor dan isu mengenai penggunaan alas kaki. Masyarakat cenderung sangat protektif hingga menjadikan alas kaki sebagai salah satu kewajiban dalam keseharian. Bahkan, alas kaki menjadi tren fashion tersendiri yang tidak dapat diremehkan.

Beberapa waktu yang lalu mungkin anda mendengar mengenai Katie Holmes , yakni aktris mantan istri Tom Cruise pernah dikecam karena membiarkan putrinya yang masih balita saat itu, Suri Cruise untuk menggunakan sepatu dengan hak tinggi. Apakah sebegitunya penggunaan alas kaki untuk fashion?

Sedangkan para podiatri, atau para ahli kesehatan kaki mengatakan bahwa jangankan menggunakan sepatu dengan hak tinggi, sangat dianjurkan anak-anak dibiarkan bebas bergerak tanpa alas kaki sama sekali. dicatat, tanpa alas kaki sama sekali walaupun sandal atau sepatu yang lunak sekalipun.

Berjalan tanpa alas kaki ternyata memiliki banyak manfaat. “Anak kecil cenderung untuk melangkah tegak dengan dagu dan kepala lebih terangkat saat mereka berjalan tanpa alas kaki,” ujar Tracy Byrne, seorang ahli podiatri yang dikutip dari Telegraph.

Karena telapak kaki mereka langsung menyentuh tanah, artinya hanya perlu sedikit waktu untuk mereka melihat ke bawah untuk keseimbangan dan mengurangi kemungkinan mereka terjatuh.” tambahnya.

Byrne meyakini bahwa membiarkan anak menggunakan sepatu apapun bentuk nha dapat mengubah cara normal anak-anak berjalan dan perkembangan saraf tulang belakang. Karena, saat mereka melangkah tanpa alas kaki, otot dan ligamen kaki mereka akan menjadi lebih kuat. Mereka pun juga akan terlatih untuk menyadari tentang lingkungan sekitarnya. Sehingga, postur tubuh secara keseluruhan akan lebih baik.