red_blood_cells_flying_down_the_blood-stream.1920x1080.27592950

Teknoflas.com – Gaya hidup memang cukup menentukan kualitas hidup. Namun, ternyata, golongan darah juga memiliki peran dalam beberapa masalah kesehatan. Terdapat zat-zat miskroskopis di permukaan sel darah merah yang berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang memungkinkan orang dengan golongan darah tertentu memiliki risiko penyakit yang lebih besar dibandingkan dengan orang dengan golongan darah yang berbeda.

Dilansir dari Prevention, berikut beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang dapat dipicu oleh golongan darah:

Masalah memori

Golongan darah AB memiliki kemungkinan dalam peningkatkan risiko gangguan kognitif. Sebuah penelitian dari jurnal Neurology Specifically menemukan bahwa pemilik darah AB yang lebih tua lebih mungkin mengalami masalah belajar atau mengingat sebuah daftar yang merupakan tes dasar menentukan kemampuan kognitif. Walaupun demikian, alasan ilmiah belumlah jelas.

Kanker Perut

Sebuah studi dari American Journal of Epidemiology mengklaim adanya risiko pemilik golongan darah AB mengalami kanker perut sekitar 26 persen lebih tinggi dibandingkan pemilik golongan darah B atau O. Namun, golongan darah A memiliki risiko 20 persen lebih tinggi dibandingkan dengan golongan darah B atau O.

Maag

Penelitian Edgren mengungkapkan bahwa bakteri yang dapat menyebabkan kanker perut pada pemilik golongan darah A atau AB ternyata juga dapat menimbulkan maag pada pemilik golongan darah O. Dia juga menjelaskan, ada modifikasi sistem kekebalan tubuh yang memiliki keterkaitan dengan hal tersebut.

Penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa golongan darah O dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan golongan darah lainnya

Sedangkan penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang dengan golongan darah AB dan B memiliki risiko terbesar menderita penyakit jantung. Para peneliti mengungkapkan bahwa golongan darah tertentu kemungkinan mengalami peradangan yang juga berhubungan dengan penyakit jantung.  

Kanker pankreas

Dari penelitian dari Journal of National Cancer Institute, golongan darah O memiliki risiko 37 persen lebih kecil untuk menderita kanker pankreas dibandingkan jenis darah lainnya. Hal tersebut dikarenakan adanya bakteri usus H. pylori pada pemilik golongan darah O juga bisa menjelaskan mengapa pemilik golongan darah selain O memiliki risiko penyakit lebih tinggi.