kopi

Teknoflas.com – Jangan terburu-buru minum kopi saat bangun tidur. Studi menemukan bahwa seseorang akan mendapatkan energi yang lebih ketika meminum kopi dengan jarak satu jam setelah bangun tidur.

Khusus bagi orang-orang yang tidur secara sehat, mereka yang tidak menderita insomnia, hormon waspada berada pada tingkat tertinggi ketika mereka pertama kali bangun.

“Tak lama setelah bangun tidur mungkin adalah poin (semangat) tertinggi di hari ini,” kata Christopher W. Winter dari Charlottesville Neurology & Sleep Medicine di Virginia. “Itu adalah waktu di mana Anda berada pada titik terendah dari spektrum kantuk.”

Pada saat bangun tidur, hormon-hormon berada dalam tingkat terendahnya. Yakni, melatonin yang menyebabkan mengantuk dan adenosin yang merupakan penekan gairah. Dan pada saat yang sama, neuropeptida, peningkat kewaspadaan, berada dalam posisi tertinggi. Hal tersebut diucapkan oleh Winter.


Artinya, tubuh Anda akan bersemangat, bahkan tanpa kopi yang mengalir di tubuh. Sebab, kafein butuh waktu dua jam untuk mencapai puncak khasiatnya dalam tubuh, secangkir kopi tambahan memungkinkan tubuh berada pada kekuatan penuh yang dibutuhkan.

Seseorang akan terjaga secara alami selama beberapa jam di pagi hari, kata Joe Ojile, pendiri dan CEO Clayton Sleep Institute di St. Louis.

Semakin sering anda meminum kopi, maka akan semakin lemah tubuh merespon keberadaan kafein. Alhasil, tubuh akan terbiasa dengan sinyal kafein bahkan berhenti meresponnya. Cara terbaik mendapatkan efek optimal kafein adalah membatasi konsumsi kopi, sekitar 300 miligram per hari, mengonsumsi hanya satu kali sehari.