Teknoflas.com – Gangguan rasa cemas bukan penyakit biasa yang disepelekan begitu saja. Menurut hasil studi karena terbagi menjadi beberapa tipe seperti panic disorder, social anxiety disorder, specific phobias, dan generalized anxiety disorder. Masing-masing memiliki karakteristik dan keunikan berbeda-beda.

image
4 tipe rasa cemas

Sebenarnya rasa cemas merupakan hal normal karena bagian dari emosi manusia ketika merasakan suatu pengalaman. Banyak orang yang gugup ataupun kaget saat menghadapi sejumlah momen penting seperti ujian nasional, pengambilan keputusan dan wawancara kerja.

Gangguan rasa cemas tentu berbeda dari tulisan di atas karena penderita biasanya mengalami kegusaran yang mempengaruhi kemampuan dan kehidupan normal. Berdasar hasil studi, gangguan rasa cemas merupakan penyakit mental serius yang perlu ditangani secepat mungkin. Penderita seringkali mengalami rasa khawatir berlebihan yang mengurangi kemampuan individu.

Peneliti mengungkapkan empat tipe gangguan rasa cemas yang harus diwaspadai, yakni:

Panic disorder

Penderita seringkali mengalami perasaan di teror yang muncul dan terjadi berulang kali tanpa peringatan. Biasanya ditandai dengan sejumlah gejala seperti detak jantung tak beraturan, tersendak, nyeri dada, berkeringat dan tingkah seperti menggila.

Social anxiety disorder

Biasanya dikenal dengan nama ‘social phobia’, penderita selalu diliputi rasa khawatir berlebihan terhadap situasi sosial dalam kehidupan sehari-hari. Rasa cemas selalu berkaitan dengan ketakutan terhadap penilaian dari orang lain, takut bertindak memalukan hingga tingkah laku konyol.

Specific phobia

Ini berkaitan dengan ketakutan terhadap suatu hal spesifik, entah itu situasi atau objek seperti ular, ketinggian hingga terbang naik pesawat. Tingkat ketakutan biasanya berkaitan dengan situasi yang menciptakan trauma sehingga penderita akan menghindari pemicu phobia.

Generalized anxiety disorder

Gangguan ini seringkali melibatkan tensi dan rasa khawatir berlebihan yang tidak realistis meski ada atau tidak ada pemicu rasa cemas.

Itulah empat tipe rasa cemas yang seringkali diidap oleh seseorang. Oleh karena itu, wajib dihindari segala macam pemicu yang mengganggu.