2014-04-25-Walking_JR_604

Teknoflas.com – Kalsium adalah zat yang dibutuhkan tubuh, khususnya untuk tulang. Tidak hanya dari susu, kalsium dapat diperoleh dari makanan lain, yakni:

Salmon

Salmon yang diolah dalam kemasan kaleng paling banyak mengandung 200 miligram kalsium. Salmon pada dasarnya kaya akan vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerapan kalsium dari sumber makanan.

Collard greens

Setengah cangkir sayuran sejenis sawi yang masih satu keluarga dengan kubis dan bok choi ini ternyata mampu memberikan 134 miligram kalsium dan 386 mikrogram vitamin K yang dapat membantu membangun kekuatan tulang.

Dan sebenarnya, memasak sayuran hijau adalah cara terbaik untuk mengeluarkan kalsium yang terikat pada oksalat di dalamnya.

Blackstrap molasses

Blackstrap molasses juga merupakan sumber kalsium, zat besi dan nutrisi-nutrisi lainnya, selain itu juga dapat menjadi pemanis. Dua sendok makan blackstrap molasses mengandung sekitar 200 miligram kalsium.

Rumput laut

Rumput laut hijiki ternyata mengandung hingga 1.400 miligram kalsium per 100 gram. Sementara setiap satu gram rumput laut kering mengandung 4 hingga 70 miligram kalsium. Untuk rumput laut kering, kandungan kalsium di dalam 100 gramnya sekitar 170 miligram kalsium.

Biji labu

Setengah cangkir biji ini dapat memberikan anda 370 miligram fosfot dan 163 magnesium. Kandungan tersebut dapat menyeimbangkan kesehatan tulang dan darah.

Kacang kedelai

Selain mengandung isoflavon, kedelai juga mengandung kalsium. Zat ini juga mampu menjaga kepadatan tulang terutama pada wanita yang akan atau sudah mengalami menopause. Tiga per empat cangkir kedelai matang mengandung 131 miligram kalsium dan 84 miligram isoflavon.

Edamame

Kedelai jepang ini apabila disajikan dengan takaran tiga per empat edamame, mampu memberikan anda 195 miligram kalsium, 81 miligram magnesium dan 24 miligram isoflavon.