Teknoflas.com – Android 6.0 Marshmallow saat ini masih belum tersedia untuk Samsung Galaxy S6. Jika mulai bosan dengan penampilan ponsel kesayangan yang mulai monoton, sebaiknya memasang salah satu dari tiga custom ROM terbaik di bawah ini yang menawarkan sejumlah keuntungan seperti performa ngebut, baterai lebih tahan lama hingga tweak.

image
custom ROM untuk Samsung Galaxy S6

1. XtreStoLite Deodexed Mod Edition 2.4

Custom ROM yang terinspirasi langsung dari TouchWiz milik Samsung, menawari kecanggihan dan bebas dari bloatware. Jika dibandingkan dengan TouchWiz, ukuran XtreStoLite jauh lebih kecil yakni 480MB namun dilengkapi sejumlah fitur menarik termasuk penambahan reboot menu mutakhir.

XtreStoLite tak menyertakan KNOX, sebagai gantinya adalah SuperSU dan BusyBox, fitur rekam percakapan telepon, opsi menghilangkan tombol S-Finder dan Quick Connect dari notifikasi dan sejumlah ekstra opsional seperti: aplikasi modifikasi kamera, 3MinIt battery mod, shutter sound toggle dan mengatasi bug ‘no deep sleep’.

2. AllianceROM

Custom ROM yang lebih mengedepankan perubahan maksimal sehingga tampak berbeda 100 persen dari TouchWiz. Meskipun menyediakan beragam tema dengan sistem lebih luas, fitur TouchWiz tak hilang seutuhnya dan tetap menjalankan fungsi seperti biasa. Akan tetapi AllianceROM sudah menambahkan opsi ekstra lebih banyak.

Selain mengutamakan theme manager dan backup engine, Alliance punya banyak tweak tambahan yang oke punya. Ada pula fitur Aroma Installer untuk memudahkan pengguna menambah elemen ROM sesuai kesukaan. Penasaran dengan fitur milik AllianceROM, coba lihat XDA changelog.

3. Tyrannus ROM

Custom ROM yang sengaja dirancang demi performa cepat dan hemat baterai. Dilengkapi beragam fitur seperti deodexed, zip-aligned, bloatware-free, Aroma installer, mengatasi bug ‘no deep sleep’, SuperSU dan BusyBox, Viper4AndroidFX, build.prop edits, merekam pembicaraan telepon dan masih banyak lagi. Ada beragam tweak dan opsi yang tersedia pada Tyrannus ROM, keterangan lebih lengkap coba baca thread XDA.

Itulah tiga Custom ROM terbaik untuk Samsung Galaxy S6. Pilih salah satu yang paling menyesuaikan kebutuhan, jangan lupa membaca keterangan yang ada di XDA untuk mengetahui plus minus suatu ROM.