Teknoflas.com – Setiap orang mendambakan koneksi internet super cepat tanpa loading, oleh karena itu memilih jaringan 3G yang jauh lebih stabil dibandingkan generasi terdahulu. Sayangnya, ada sejumlah kendala yang justru menyebabkan koneksi terasa lambat meski berada dalam jangkauan sinyal penuh. Jika merasa jengkel dengan koneksi 3G super lambat, silahkan coba metode berikut ini.

image
Cara dongkrak koneksi internet 3G

Pendahuluan

Percepat koneksi 3G mewajibkan pengguna mengubah file pada pengaturan konfigurasi internet yang digunakan oleh perangkat saat terhubung koneksi. Untuk melakukan hal itu, wajib mengaktifkan ‘Van Jacobson TCP / IP header compression’ yang berperan penting pada peningkatan koneksi 3G. Kesuksesan hacking ini tergantung pada perangkat yang mendukung fitur.

Peralatan penting

1. Rooting. Sebelum hacking kecepatan 3G, pengguna wajib rooting perangkat smartphone atau tablet.

2. ES File Explorer: File manager yang bisa selaras dengan root, memungkinkan pengguna memasuki sistem folder dan mengubah file permission.

Cara dongkrak koneksi 3G

1. Unduh options.7z dan ekstrak memakai aplikasi 7Zip. Nantinya muncul file bernama Options.

2. Salin/copy file Options ke lokasi yang mudah diingat pada perangkat yang dihubungkan ke PC atau kartu SD.

3. Pasang dan buka aplikasi ES File Manager. Beri root permission (Menu > Root Explorer > ON > Confirm).

4. Cari file options dengan menggunakan ES File Manage, tekan dan tahan lalu pilih copy.

5. Masuk ke folder “/system/etc/ppp” dan tempel/paste file Options.

6. Ubah permission file Options, (tekan dan tahan More > Properties > Edit (Permissions) > kemudian aktifkan Readable, nonaktifkan Writing dan aktifkan Execute. Sekarang tinggal tekan OK. Disamping permission, maka ditemukan tulisan seperti ‘r-x r-x r-x’.

7. Langkah terakhir tinggal reboot perangkat. Selesai!

Itulah langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk meningkatkan koneksi internet jaringan 3G. Segera pasang aplikasi Speedtest.net untuk mengecek hasil hacking ini.