Teknoflas.com – Beragam cara keren bisa dilakukan pada ponsel android kesayangan, termasuk mengubah suara ringtone. Biasanya sejumlah pengguna masih melakukan cara manual ketika mengubah nada dering, padahal banyak metode keren bisa diterapkan. Salah satunya yaitu memakai aplikasi pihak ketiga, Ringdroid.

image
Ringdroid ubah audio jadi ringtone

Kehadiran Ringdroid jelas menyingkirkan semua metode kuno yang dulu kerap dipergunakan beberapa tahun silam. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna memakai format suara apapun sebagai ringtone ponsel. Usai selesai menyunting nada dering, nantinya pengguna bisa menetapkan secara default atau kontak spesifik saja.

Lalu, bagaimana cara ubah ringtone ponsel android dengan Ringdroid?

Sebelum mulai mengubah nada suara, ada baiknya menginstal aplikasi Ringdroid yang bisa diunduh langsung via Google Play Store. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan file audio atau musik yang tersimpan di memori internal ataupun eksternal. Ringdroid sangat kompatibel dengan beragam file audio seperti MP3, WAV, AAC dan AMR, bahkan pengguna juga dapat membuay suara alarm dan notifikasi sebagai nada suara alias ringtone. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Tentukan lokasi Ringdroid di ponsel dan tekan.

2. Usai aplikasi terbuka, muncul daftar lagu yang tersimpan di perangkat. Untui melihat semua file audio secara lengkap, tekan saja ikon action yang berada di pojok kanan atas dan pilih ‘Show All Audio’.

3. Pilih lagu yang akan digunakan sebagai ringtone.

4. Usai memilih lagu, maka muncul opsi untuk menyunting sesuai selera. Tentukan sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

5. Jangan lupa menyimpan klip suara usai selesai menyunting dengan menekan ikon disk. File bisa diubah namanya sesuka hati dan bisa menentukan jenis yang ingin dipakai (opsi default adalah ringtone).

Nantinya semua ringtone bakal tersimpan otomatis di bagian overview Ringdroid. Jika ingin mencari lagu yang tersimpan di perangkat, gunakan ikon kaca pembesar.