Teknoflas.com – Musim hujan tidak begitu disukai oleh sebagian pengendara sepeda motor. Selain sulit berkendara akibat pandangan terganggu, jalan licin dan basah kedinginan, munculnya genangan atau banjir sepanjang ruas jalan dapat mengakibatkan sepeda motor kesayangan mati mendadak alias mogok.

image
Tips Atasi Motor Mogok Akibat Banjir

Indonesia memasuki musim penghujan setiap akhir November 2015, menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal terus berlangsung sampai Februari 2016. Pengendara sepeda motor diwajibkan berhati-hati dan selalu bawa jaket hujan karena masa puncak berlangsung antara Desember 2015 hingga Januari 2016.

Masalah klasik yang kini tengah dihadapi sejumlah kota tanah air yaitu banjir. Jangan pernah nekat menerobos banjir saat berkendara sepeda motor karena mengancam keselamatan pengendara dan merusak mesin kendaraan. Air banjir berpotensi hadirkan sejumlah problematika yang membuat motor butuh biaya perbaikan mahal.

Apabila pengendara sudah terlanjur menerobos banjir dan sepeda motor kesayangan mogok, lakukan tindakan berikut demi menghindari kerusakan lebih parah dan biaya perbaikan menguras dompet sebagaimana dilansir atas saran Nanang Sutia dari PT  Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat.

1. Cek busi

Cek dan periksa kondisi busi secara menyeluruh, pastikan ada percikan api berasal dari busi. Air banjir juga berpotensi masuk ke ruang bakar, coba buang via lubang busi dengan menyalakan sepeda motor dengan kick starter. Lakukan terus menerus hingga air tinggal sedikit atau habis tak tersisa. Jika mesin masih tak kunjung nyala, coba buka filter udara lalu nyalakan tanpa itu.

2. Cek oli mesin

Oli mesin yang bercampur dengan air akan mengalami perubahan warna seperti susu. Jika kondisinya demikian, segera kuras hingga habis atau pakai oli SAE 10. Apabila sudah bersih, dianjurkan mengganti oli mesin standar dengan spesifikasi pabrikan demi menjaga kualitas mesin kendaraan usai terendam air banjir.

Itulah dua tips sederhana perbaiki sepeda motor kesayangan yang mogok akibat rendaman air banjir. Dengan mengikuti keduanya, maka mencegah kerusakan lebih parah dengan ongkos perbaikan mahal.