Teknoflas.com – Kepanikan menimpa warga Amerika Serikat seiring meningkatnya kasus penderita Virus Zika. Walaupun bukan golongan virus pemicu hadirnya penyakit berbahaya yang mengancam keselamatan penderita, sebaiknya mengetahui seluk-beluk virus ini.

image
5 fakta virus zika

Virus Zika menyebar luas dalam waktu singkat, kasus pertama terjadi di negara Amerika Tengah yang kemudian menginfeksi kawasan Amerika Utara dan Selatan. Meskipun hanya hadir di benua Amerika, sebaiknya masyarakat dunia terutama Indonesia mengetahui fakta-fakta penting tentang Virus Zika sehingga tidak perlu panik saat menyebar luas.

Apa itu Zika?

Zika merupakan virus yang dibawa oleh nyamuk seperti dilansir teknoflas.com dari laman Time. Jika tergigit nyamuk yang membawa virus tersebut, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti mata kemerahan, nyeri sendi dan demam. Hanya satu dari lima orang terinfeksi yang akhirnya jatuh sakit.

Bagaimana cara mengatasinya?

Sampai saat ini masih belum ada obat untuk menekan penyebaran virus. Namun penderita disarankan lebih banyak istirahat dan minum air selama seminggu penuh hingga tubuh merasa benar-benar pulih.

Apakah fatal bagi tubuh?

Virus Zika sebenarnya tidak memberi efek fatal bagi tubuh, namun sangat beresiko tinggi bagi perkembangan janin di rahim wanita hamil. Virus tersebut berkaitan erat dengan microcephaly, sebuah kondisi yang mengakibatkan bayi lahir dengan kepala kecil dan perkembangan otak tak sempurna. Hingga saat ini masih belum diketahui bagaimana cara mengatasi virus tersebut agar tak ganggu kehamilan.

Apakah masyarakat Indonesia perlu khawatir?

Virus Zika menyebar cepat lewat gigitan nyamuk, bahkan spesies nyamuk lokal bisa membawa virus tersebut jika mengigit tubuh penderita yang sudah terinfeksi darahnya. Oleh karena itu, rasa khawatir perlu ditingkatkan karena pertumbuhan nyamuk begitu cepat di daerah tropis. Pembersihan titik-titik pertumbuhan nyamuk merupakan salah satu cara melawan penyebaran virus.

Bagaimana cara mencegahnya bagi wanita hamil?

Ketika berada pada area infeksi penderita Virus Zika, wanita yang tengah mengandung janin disarankan memakai lotion anti nyamuk khusus ibu hamil, celana panjang dan baju lengan panjang, menutupi jendela dan pintu rumah dengan jaring anti nyamuk ataupun menyalakan AC. Hal-hal sederhana tersebut bantu cegah tergigit nyamuk yang justru membahayakan pertumbuhan janin dalam rahim.