Teknoflas.com – Google Maps ternyata mengusung fitur yang memungkinkan pengguna tetap dapat menikmatinya secara offline. Dengan demikian pengguna bisa terus mencari alamat tanpa takut tersesak meski perangkat android kehabisan data internet atau berada di luar jangkauan sinyal wifi. Tidak begitu sulit menikmati fitur ini, cukup melakukan sedikit pengaturan kurang dari lima menit.

image
Cara Pakai Google Maps Secara Offline

Untuk menggunakan layanan Google Maps secara offline, pastikan perangkat terhubung dahulu ke internet guna menyimpan data peta terlebih dahulu. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini!

1. Pastikan perangkat dalam keadaan online, buka Google Maps lalu cari lokasi yang diinginkan.

2. Usai menemukan lokasi atau area yang diinginkan, segera simpan atau save dengan menekan ikon titik tiga lalu pilih Offline Areas.

3. Selanjutnya tekan simbol tanda plus atau add pada bahian bawah kanan layar. Nantinya muncul sebuah pesan bertuliskan “download this area?”.

4. Drag peta yang ada di dalam kotak hingga menemukan area yang ingin disimpan.

5. Layar bisa diperbesar atau diperlebar sesuai kebutuhan. Tentukan sendiri dan jangan sampai salah menentukan pilihan.

6. Apabila sudah sesuai dengan keinginan, segera tekan Download.

7. Peta bisa disimpan dengan nama. Silahkan simpan sesuka hati.

8. Usai peta tersimpan di dalam perangkat, maka cukup menekan ikon menu di pojok kiri dari laman utama Google Maps lalu pilih Offline areas. Di sana akan ada nama file atau peta yang sudah tersimpan sebelumnya. Silahkan tekan untuk kembali mengaktifkan tanpa terhubung jaringan internet.

Batasan peta offline

Meskipun dirasa sangat berguna, ada sejumlah batasan terhadap penggunaan Google Maps secara offline, khusus penentuan lokasi peta yang ingin diinginkan. Pengguna tak bisa mengunduh peta kota secara utuh, melainkan sangat terbatas. Kolom untuk penentuan ukuran peta sifatnya tertentu saja, bahkan tak bisa menyimpan data lebih dari 1,5GB.

Mengunduh peta cenderung menguras banyak memori penyimpanan data, apalagi harus menyimpan detil informasi yang dimiliki Google Maps. Oleh karena itu, sebaiknya menyimpan semua peta yang dibutuhkan dengan terkoneksi ke jaringan Wi-Fi. Keterbatasan lainnya yaitu peta yang terunduh hanya disimpan selama 30 hari ke depan. Usai melewati batas waktu, maka terhapus secara otomatis.