Teknoflas.com – Bila kebanyakan smartphone saat ini menggunakan sistem operasi Android maupun Windows Phone, hal itu ternyata tidak menggoda Jolla yang notabene perusahaan yang memproduksi produk elektronik. Jolla merilis produk smartphone pertamanya yang juga di namai Jolla yang menggunakan sistem operasi Sailfish.

Sistem Operasi Sailfish merupakan OS yang dibuat oleh mantan pegawai Nokia yang mengundurkan diri karena  pengembangan sistem operasi MeeGo dihentikan oleh Nokia. dari pengalaman pengguna Dengan sistem operasi Sailfish pada smatphone Jolla, tidak jauh berbeda saat menggunakan OS Meego yang mewajibkan user mengandalkan sapuan jari / swipe tanpa tombol fisik untuk navigasinya.

jolla
Jolla sendiri akan diluncurkan dengan beberapa varian warna yakni, Oranye,biru muda, hijau, putih. Sedangkan untuk spesifikasinya, Jolla menggunakan layar sebesar 4,5 inch untuk antar muka dengan pengguna dan prosesor dual core,, selain itu disediakan slot Micro SD untuk mengekspansi memori yang disediakan oleh Jolla yang berkapasitas 16GB. Untuk fiturnya sendiri, Jolla menyematkan kamera beresolusi 8 MP.

Jolla akan dibanderol sekitar EUR 399 atau sekitar IDR 5 jutaan pada saat diluncurkan akhir tahun 2013 mendatang di wilayah Eropa. Namun co-founder Jolla, Marc Dillon kabarnya masih membutuhkan bantuan para blogger, pengembang aplikasi dan desainer untuk mengembangkan Jolla.