Manfaat Bersepeda

7 Manfaat Hebat Bersepeda Untuk Kesehatan Fisik & Mental

Teknoflas.com – Banyak aktivitas olahraga untuk membakar timbunan lemak dan kalori di dalam tubuh, salah satunya dengan bersepeda. Dibandingkan jenis olahraga lain, bersepeda lebih murah dan menyenangkan karena bisa dipakai berkeliling lokasi-lokasi menarik.

Berikut ini tujuh manfaat bersepeda yang bakal bikin anda bersemangat melakukannya di pagi hari.

Manfaat Bersepeda
Manfaat Bersepeda

1. Peningkatan sistem imun

Bersepeda bakal memperkuat sistem imun sehingga jauh dari serangan penyakit. Olahraga ini meningkatkan produksi sel-sel sistem imun dan sirkulasinya ke seluruh tubuh seiring dengan peningkatan aktivitas jantung.

2. Kesehatan mental

Selain baik menyehatkan fisik, bersepeda sangat baik meningkatkan kesehatan mental sehingga depresi dan stres pun berkurang. Bersepeda bantu melepas dopamin, serotonin dan sejumlah bahan kimia lain sehingga mood lebih santai dan tenang.

3. Peningkatan koordinasi tubuh

Bersepeda merupakan cara terbaik meningkatkan koordinasi tubuh karena melibatkan semua bagian tubuh, mulai dari kaki hingga mata. Selain itu, otak juga mengalami peningkatan, mulai dari sinkronisasi, memori hingga perencanaan.

4. Panjang umur

Bersepeda membuat semua organ dalam tubuh berfungsi sempurna sehingga resiko terkena penyakit berkurang. Aktivitas ini menjaga keseimbangan hormon yang baik untuk fungsi tubuh.

5. Berat badan terkendali

Masalah kesehatan paling berbahaya dan ingin dihindari yaitu obesitas. Bersepeda akan membakar timbunan kalori dan lemak. Menurut hasil penelitian, satu jam bersepeda membakar sekitar 300 kalori.

6. Penguatan otot

Bersepeda tak hanya membakar lemak dan kalori, namun menambah kekuatan pada sejumlah bagian tubuh, mulai dari lutut, paha, pinggul dan kaki. Olahraga ini merupakan cara terbaik bagi menderita arthritis di bagian tungkai bawah. Bersepeda secara efektif tergolong manjur meningkatkan kekuatan otot.

7. Jantung sehat

Bersepeda merupakan cara termudah menjaga kesehatan jantung dan sudah terbukti manfaat hebatnya. Menurut hasil studi, bersepeda meningkatkan kesehatan jantung sekitar 3-7%.

Dengan bersepeda secara rutin, maka kesehatan fisik dan mental semakin meningkat sehingga terhindar dari beragam jenis penyakit berbahaya. Jadi, masih enggan bersepeda di pagi?

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci manfaat bersepeda, manfaat bersepeda pagi, manfaat dari bersepeda, manfaat olahraga bersepeda di pagi hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *