Air Terjun Sedudo

4 Mitos Air Terjun Sedudo Yang Masih Diyakini Warga Nganjuk

Teknoflas.com – Selasa, 21 Juli 2015, merupakan hari kelam bagi pengunjung obyek wisata Air Terjun Sedudo, Desa Ngliman, Kabupaten Nganjuk. Di hari naas tersebut, setidaknya 3 korban tewas dan 9 luka-luka akibat musibah tebing longsor.

Peristiwa itu memunculkan sejumlah anggapan mitos yang masih diyakini oleh penduduk sekitar. Mitos turun-menurun mendorong warga Ngliman untuk selalu mengingatkan para pengunjung agar tak melakukan perbuatan yang aneh-aneh.

Air Terjun Sedudo
Air Terjun Sedudo

Apa saja mitos Air Terjun Sedudo yang berkembang di telinga warga Ngliman?

1. Warga Ngliman percaya bahwa khasiat air terjun dapat membuat wajah tampak lebih muda dan mengatasi beragam penyakit. Bahkan khasiat air terjun dengan pemandangan elok ini tertulis di papan informasi sekitar ruas jalan setapak kala menuju lokasi air terjun.

Mitos awet muda berkembang cepat ke telinga masyarakat yang berasal dari luar daerah. Mereka pun berbondong-bondong mendatangi lokasi pemandian, bahkan ada yang rela berendam di kolam  air terjun setinggi 105 meter tersebut. Baik tua ataupun muda senang menghabiskan waktu di sini.

2. Banyak orang percaya bahwa khasiat air kolam dapat meningkatkan karir politik seseorang. Tak heran lokasi pemandian sering didatangi sejumlah calon anggota wakil rakyat yang melakukan ritual khusus, apalagi menjelang pemilihan umum. Mereka yang mandi di bawah Air Terjun Sedudo berharap bisa melangkah mudah menjadi anggota dewan.

3. Air Terjun Sedudo dipercaya menghadirkan bencana bila ada pengunjung sengaja melanggar pantangan yang tak disukai oleh para penunggu sekitar kawasan tersebut. Pantangan tersebut melarang pengunjung berbuat asusila, membawa pulang benda-benda temuan, meninggalkan barang bawaan sampah seperti sabun dan sampo, serta mengeluarkan kata-kata kasar.

Kabarnya, pengunjung yang melanggar pantangan tak akan berumur panjang. Celaka bakal mengintai, entah sewaktu berada di lokasi atau perjalanan pulang. Bahkan musibah akan terus datang silih berganti setelah beberapa hari kunjungan.

Baca Juga  Kisah Mistis Di Balik Eksistensi Air Terjun Sedudo Nganjuk

4. Kisah Mistis Di Balik Eksistensi Air Terjun Sedudo Nganjuk memang tergolong kuat, apalagi Dinas Pariwisata Kabupaten Nganjuk kerap menggelar acara ritual setiap 1 Suro yang bertema “Mandi Sedudo”. Ritual tahunan itu justru dijadikan bagian ikon pariwisata untuk menyedot pengunjung. Masyarakat mempercayai mitos mandi Air Terjun Sedudo di bulan Suro dapat membawa banyak khasiat bagi tubuh.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci air terjun sedudo, air terjun sedudo nganjuk, wisata nganjuk, air terjun nganjuk, air terjun sedudo yg akan datang, Kab nganjuk, Kabar Nganjuk hari ini, longsor, nganjuk air terjun, wisata ngliman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *