Cegah Miopi Anak dengan Bermain di Luar Ruangan

bila si kecil harus menggunakan kacamata minus_1339469451

Teknoflas.com – Mungkin banyak orang tua yang cukup khawatir jika anak dibiarkan bermain di luar. Orang tua bahkan cenderung melarang anak-anaknya untuk bermain di luar rumah karena berbagai macam alasan. Namun, sebuah studi dari China mungkin dapat menjadi pencerahan untuk anda sebagai orang tua mengenai anak-anak yang bermain di luar rumah. Hasil studi tersebut mengatakan bahwa bermain di luar rumah dapat mengurangi risiko rabun jauh atau sering disebut miopi pada anak.

Studi tersebut menggunakan siswa dan siswi sekolah dasar dan menghabiskan waktu sekitar 45 menit di luar sekolah setiap harinya. Menurut penelitian yang dipimpin Mingguang He dari Sun Yat-sen University di Guangzhou, ternyata hal tersebut dapat mengurangi risiko rabun jauh atau miopi.

“Terdapat studi yang menyatakan bahwa terdapat efek protektif dari waktu bermain di luar ruangan terhadap risiko miopi. Tukas He. Selain itu, He menjelaskan bahwa dalam studinya menggunakan uji coba acak yang ternyata mampu membuktikan kausalitasnya dan memberikan bukti terhadap masyarakat. Dengan adanya tingkat intensitas waktu di sekolah dan kecilnya waktu bermain di luar, telah memiliki peran yang cukup besar pada peningkatan jumlah kasus rabun jauh di China. Sejauh ini yang dikutip dari laman Fox News, di beberapa wilayah di China, 90 persen lulusan pelajar SMA mengidap rabun jauh. Eropa dan Timur tengah pun sedikit demi sedikit jumlah pengidap miopi bertambah.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti membagi 12 sekolah dasar di China menjadi enam kelompok: enam kelompok pertama melanjutkan aktivitas sekolah mereka seperti biasanya, dan enam kelompok lainnya menambahkan 40 menit waktu untuk bermain di luar kelas. 

Namun, bermain di luar juga terdapat risiko terkena radiasi ultravuioler. Hanya saja, hal ini menurutnya dapat diatasi melalui perlindungan yang standar.

Belum menjawab secara ilmiah mengapa waktu di luar ruangan dapat melindungi penglihatan anak, He menegaskan beberapa hasil eksperimen menunjukkan bahwa keberadaan cahaya terang di luar dapat memengaruhi pertumbuhan mata dan menghambat miopi.

He juga menyarankan untuk memaksimalkan hasil studi yang menguntungkan ini. Siswa dan siswi di sekolah harus meningkatkan waktu di luar ruangan, dan orang tua juga dapat diharapkan untuk ikut serta mendorong anak-anaknya bermain di luar saat akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *