Virus Detected

Inilah Tanda Komputer Anda Terinfeksi Virus

TeknoFlas.com – Komputer maupun laptop Anda tidak akan lepas dari virus cepat atau lambat. Karena interaksi komputer dengan perangkat lain bahkan terkoneksi di internet menjadi salah satu hal terjangkitnya virus. Meskipun Anda sudah menggunakan anti virus sebagai tindakan perlindungan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa PC Anda masih bisa terinfeksi virus.
Virus Detected
Apa tanda atau gejala komputer/laptop Anda terifeksi virus? Berikut ini ada 6 hal yang perlu Anda ketahui, seperti yang TeknoFlas kutip dari Okezone, Senin (24/06/2013).

Iklan Pop-up
Jika Anda mengunjungi situs, seringkali ada iklan muncul dari jendela baru browser Anda. Ini salah satu bagaimana virus menginfeksi komputer Anda. Untuk menghilangkan virus, Anda bisa menggunakan Spybot Search & Dstroy (gratis) atau Malwarebytes Virus Removal (USD25 atau Rp24 ribuan).

Pembajakan Akun dan Pesan Tak Terkirim
Jika komputer Anda terserang virus, maka virus akan menyebar dan menyerang perangkat lunak Anda. Terlebih Anda tidak dapat mengakses email, IM dan akun media sosial. Untuk mengantisipasinya, periksa pesan terkirim (outbox) dari email Anda. Jika Anda menemukan pesan terkirim yang bukan dari Anda, maka pastikan Anda mengubah password akun email tersebut.

Peringatan Lockdown
Jika Anda mendapat pesan bahwa komputer Anda telah dikunci karena adanya aktivitas illegal yang mengharuskan Anda membayar biaya untuk membukanya kembali, abaikan saja. Karena besar kemungkinan komputer Anda hanya terinfeksi ransomware (sering juga disebut sebagai pemerasan cryptoviral atau scareware) yang membatasi akses ke sistem komputer.

Kadang-kadang pesan ini bahkan tidak tampak resmi, sehingga Anda patut waspada. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat menginstal anti virus, seperti AVG dan Kaspersky.

Crash, Freeze dan Slow Respond
Pada kasus ini bisa juga disebabkan oleh virus yang membuat komputer terjadi Crash, freeze ataupun lambat dalam merespon. Coba untuk membuka Task Manager untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan saat ini.

Baca Juga  Inilah Tanda Komputer Anda Terinfeksi Virus

Fungsi Penting Tidak Bekerja
Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui program apa saja yang sedang berjalan pada komputer. Umumnya dapat dilihat dari Task Manager pada komputer atau dapat diakses dengan tekan Ctrl-alt-del untuk pengguna Windows. Sementara bagi pengguna Mac, dapat membuka Spotlight (command-spasi).

Tidak Ada Masalah
Semakin modern virus-virus yang diciptakan, semakin kecil kemungkinan Anda dapat mendiagnosa infeksi pada perangkat. Hal ini dikarenakan, para penjahat cyber semakin pandai dan terus meningkatkan permainan mereka.

Lakukan pemeriksaan dengan teratur melalui program antivirus dan memastikan sistem operasinya harus up to date. Itulah cara terbaik untuk melindungi komputer maupun laptop Anda dari serangan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *