TeknoFlas.com – Belakangan ini marak beredar berita ponsel pintar terbakar dan meledak melukai pengguna. Tentunya hal ini membuat was-was bagi pengguna ponsel lain. Mungkin Anda berpikir bahwa pemicunya adalah perangkat yang tidak orisinil.
Tips Aman Cara Charge Ponsel Anda
Meskipun Anda memakai produk perangkat orisinil namun jika tidak disertai tata cara yang tidak benar juga bisa memicu ponsel Anda terbakar bahkan meledak. Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang TeknoFlas kutip dari Okezone, Selasa (17/9/2013):

1. Buat timer pada steker atau colokan listrik (banyak terdapat di toko elektronik). Sehingga, Anda bisa men-set berapa lama waktu untuk memutus aliran listrik secara otomatis.

2. Sebelum men-charge, pastikan terlebih dahulu baterai sudah kuning. Jangan tunggu sampai benar-benar habis (berwarna merah).

3. Lepas atau cabut charger dari perangkat Anda ketika sudah penuh dengan segera. Biasanya pengisian baterai untuk ponsel paling lama memakan waktu sampai tiga jam. Akan tetapi, kembali lagi pada jenis perangkatnya itu sendiri. Di mana, semakin besar kapasitas baterai maka semakin lama juga waktu pengisian dayanya.

4. Jika Anda mau membeli charger tambahan, pastikan terlebih dahulu sesuai dengan daya kebutuhan perangkat. Misalnya, kapasitas baterai perangkat 2 Ampere maka jangan sampai mengisi baterainya dengan perangkat pendukung berkapasitas di atas atau di bawah itu. Hal itu akan merusak perangkat.

5. Jangan malas untuk membaca user guide pada kotak atau boks ponsel. Sebab, berbagai informasi dijelaskan disitu agar pengguna dapat lebih memahami spesifikasi dari perangkatnya.