TeknoFlas.com – Banyaknya orang beranggapan bahwa semakin canggih smartphone, mereka akan dimudahkan dalam segala aktivitas tanpa memperhatikan smartphone tersebut. Seringkali menemui smartphone rusak bahkan baterai cepat habis karena kurangnya perhatian. Untuk itulah, mulailah dari sekarang untuk merawat smartphone Anda.

Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis dan Rusak, Baca Tips Berikut!

Pada postingan kali ini TeknoFlas membagikan tips agar baterai smartphone hemat dan tak cepat rusak. Dikutip dari Jalan Tikus, berikut tips-tipsnya.

  1. Jangan simpan baterai atau smartphonemu di suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jadi jangan coba-coba kamu meninggalkan smartphone atau baterainya di dalam mobil/dashboard untuk waktu yang lama pada siang hari. Suhu di atas 40 derajat celcius akan mengurangi performa baterai smartphonemu.
  2. Jangan menaruh baterai yang satu dengan yang lain dengan kutub-kutub yang saling berhubungan. Selain itu apabila kamu menyimpan sebuah baterai bersamaan dengan sebuah koin atau benda metal lainnya, baterai akan menjadi pemicu hubungan arus pendek.

Untuk menghemat baterai, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Matikan GPS yang tidak perlu. Menyalakan GPS terus menerus membuat paket data terus berjalan dan memaksa ponsel terus dalam posisi “bekerja” sehingga baterai pun semakin terkuras.
  2. Matikan WiFi dan Bluetooth apabila tidak diperlukan. Sama seperti GPS, hal ini hanya akan membuat smartphone mengkonsumsi daya baterai lebih besar.
  3. Rutin mengecek Task Manager, matikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan namun tidak perlu. Pengecekan ini harus kamu lakukan secara berkala. Misalnya setiap 1 atau 2 jam sekali.
  4. Atur brightness (kecerahan layar) pada tingkat kecil. Selain dapat mengurangi konsumsi baterai, hal ini juga baik untuk mata kamu.
  5. Hindari penggunaan widget-widget yang kurang perlu, seperti wallpaper animasi misalnya.
  6. Gunakan aplikasi untuk memonitor daya baterai. Aplikasi ini dapat berfungsi untuk mengawasi suhu baterai atau konsumsi daya baterai untuk masing-masing aplikasi pada smartphone kamu.
  7. Untuk smartphone yang memiliki fitur airview dan eye gesture, sebaiknya fitur-fitur tersebut dimatikan bila tidak terlalu diperlukan.

Dengan tips-tips diatas, keawetan baterai Anda akan tetap terjaga. Selamat mencoba!