TeknoFlas.com – Anda sebagai pengguna smartphone harus bisa memanage kuota internet agar bisa digunakan dengan maksimal. Bagaimana jika tiba-tiba Anda tidak bisa internetan gara-gara kuota Anda habis entah kemana. Nah, dengan cara berikut ini Anda akan bisa menghemat kuota internet selama dua bulan dengan memaksimalkan browser.

Dikutip TeknoFlas dari Jalan Tikus, Selasa (04/02/2014), Google Chrome dan Opera merupakan browser yang tepat untuk menghemat kuota internet smartphone kamu. Google Chrome dan Opera memiliki fitur Data Compression yang sangat efektif untuk mengurangi penggunaan kuota internet yang berlebihan saat browsing. Tetapi fitur Data Compression ini tidak bisa digunakan untuk website dengan fitur secure seperti website untuk bank, sehingga kamu data compression tidak akan bekerja. Berikut tips menghemat kuota internet saat browsing di smartphone:

Aktifkan kompresi data
Kompresi data merupakan fitur yang sangat efektif dalam menghemat kuota internet. Untuk mengaktifkan fitur kompresi data atau Data Compression di Chrome kamu bisa pilih tombol Menu, lalu pilih Setting. Setelah itu pilih Bandwidth Management kemudian aktifkan Reduce data usage hingga menjadi status ON.
Tips Hemat Kuota Internet
Untuk pengguna Opera, bisa dengan mengaktifkan kompresi data atau data compression dengan menekan tombol lambang Opera di kanan bawah dan atur pengaturan Off-Road menjadi ON. Fitur ini akan mempermudah pengaturan kamu, misalnya kamu tidak ingin mengaktifkan pada koneksi WiFi.
Tips Hemat Kuota Internet
Lihat kuota yang Anda hemat
Setelah beberapa hari menggunakan fitur tersebut, kamu bisa melihat berapa persen kuota yang kamu telah hemat menggunakan kompresi data pada halaman yang sama ketika kamu mengaktifkan data compression. Seperti dibawah ini di Google Chrome dan Opera:
Tips Hemat Kuota Internet
Tips Hemat Kuota Internet
Kekurangan dari fitur kompresi data ini adalah nantinya kamu akan mendapatkan kualitas gambar yang kurang bagus karena aktivitas browser lebih ditekankan pada kecepatan loading dan penggunaan kuota. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk Anda.