TeknoFlas.com – Feedly Menggantikan Peran Google Reader – Banyak sekali pengguna internet yang memanfaatkan layanan Google Reader untuk membaca berita, namun sayangnya pihak Google mengeluarkan keputusan kontroversial untuk menutup layanannya tersebut. Hal ini membuat pengguna mencari alternatif layanan serupa. Keberuntungan memihak pada Feedly yang nampaknya dilirik sebagai pengganti Google Reader.

Feedly Menggantikan Peran Google Reader

Pihak Feedly mengkalim melalui blog resminya bahwa layanan mereka kedatangan 500.000 pengguna baru dalam 2 hari, setelah Google mengumumkan rencana penutupan Google Reader, Rabu (13/3/2013).

Alhasil, Feedly telah menyiapkan untuk meningkatkan kapasitas server dan bandwidth menjadi 10 kali lipat. Dalam 30 hari ke depan, tim developer Feedly berusaha menjaga agar layanan tetap terjaga, serta meminta saran dari pengguna baru guna menambahkan fitur demi kemudahan dan kenyamanan pengguna.

Saat ini layanan Feedly tersedia untuk perangkat bersistem operasi iOS, Android serta versi situs web.

Disisi lain, rupanya keputusan Google menutup Google Reader terbilang mengejutkan, mengingat layanan ini memiliki banyaki sekali pengguna yang loyal.

Layanan Google Reader sejatinya telah dijalankan sekitar 8 tahun, dan menuurt pihak Google, pengguna layanan ini makin menurun dalam beberapa tahun terakhir. Alasan itulah yang mendorong perusahaan raksasa internet ini untuk menutup layanan pembaca berita tersebut.

Pihak Google memberikan waktu bagi pengguna untuk memindahkan data ke layanan RSS feed lain hingga 1 Juli 2013, akrena setelah itu Google Reader akan benar-benar ditutup.

Para pengguna bisa memanfaatkan fasilitas ekspor/impor file OPML yang terdapat di bagian setting Reader. Google pun menyediakan layanan Google Takeout bagi pengguna yang ingin mengunduh data Reader.