TeknoFlas.com – Nampaknya langkah Jokowi untuk maju dalam pemilihan Presiden akan terbuka sangat lebar. Ini berdasarkan hasil sementara Pemilu dimana PDI-P menduduki peringkat teratas dalam perolehan suara yakni hampir mencapai 20 persen. Seperti kita ketahui, bahwa Jokowi bakal menjadi calon Presiden yang diusung PDIP berdasarkan mandat Megawati.

“Saya berdoa, kalau bisa 20 persen saya bisa membawa Pak Jokowi jadi capres,” kata Megawati.

Pernyataan tersebut diungkapkan Megawati saat menggunakan hak pilihnya di TPS 35 Rt.10 Rw.04 Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Megawati berharap PDI-P akan memperoleh suara yang tinggi dalam pemilu legislatif. Hal ini untuk melancarkan Jokowi maju Capres, karena dibutuhkan setidaknya minimal 20 persen suara nasional atau 20 persen dalam kursi parlemen.

Hasil Pemilu Legislatif 2014 PDI-P Akan Kembali Koalisi Dengan Gerindra
Megawati juga menyatakan bahwa seluruh mesin politik partainya harus bekerja ekstra keras untuk menggalang dukungan masyarakat. Karena saat ini Jokowi masih menjadi bakal capres, sehingga untuk meresmikan itu perlu lebih besar lagi dukungan dari masyarakat.

Saya minta tolong semua warga negara Indonesia untuk mengawasi itu (penghitungan suara),” Ujar Megawati yang didampingi kedua anaknya Puan Maharani dan Prananda Prabowo serta bakal calon presiden PDIP Joko Widodo dan istri Iriana.

Namun ternyata PDI-P hanya mampu meraup sekitar 19-20% suara, kurang dari target yang dikejar yakni 27,5% yang berarti partai yang berlambang banteng moncong putih ini mulai mempersiapkan untuk berkoalisi dengan partai lain. Bahkan kabar yang santer beredar, PDI-P akan kembali membuka koalisi dengan Gerindra.

“Memang (kami) berseberangan? Tadi sudah saya sampaikan, kami ini terbuka,” kata Jokowi kepada wartawan di rumah Megawati Sukarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (9/4/2014) malam