Teknoflas.com – Samsung dikabarkan akan merilis smartphone yang menggunakan sistem operasi Tizen OS Mei 2014 mendatang. Rusia akan menjadi ngara pertama yang disambangi oleh smartphone canggih besutan Samsung tersebut. Tizen diklaim akan menggantikan Android sebagai sistem operasi utama produk Samsung secara bertahap.

Tizen OS
Tizen OS

Tizen OS sendiri awalnya adalah proyek kerjasama antara Nokia dengan Intel yang disebut dengan MeeGo yang berbasis Linux. Namun, Nokia memutuskan untuk mengadopsi Windows Phone dan meninggalkan MeeGo. Samsung kemudian mengganti posisi Nokia dengan mengembangkan MeeGo yang digabungkan dengan Bada OS dan mengganti namanya menjadi Tizen.

Berdasarkan informasi yang telah berhasil dihimpun, Samsung akan merilis ponsel pintar berbasis Tizen OS pertama di pasar Rusia bulan Mei 2014. Ponsel pintar berbasis Tizen OS pertama ini akan membidik pasar kelas atas. Setelah itu, Samsung akan meluncurkan smartphone Tizen OS kelas menengah.

Hal ini dibenarkan oleh Yoon Han-kil selaku senior vice president Samsung mengenai rencana kehadiran smarrtphone Tizen OS. Yoon Han-kil juga mengatakan bahwa dua smartphone berbasis Tizen ini akan dipasarkan mulai kuartal kedua tahun 2014.

Sebelumnya beredar bocoran ponsel pintar yang diduga adalah Tizen OS, yakni Samsung SM-Z9005 yang ditenagai oleh prosesor dual-core dengan kecepatan yang tak diketahui dari Qualcomm Snapdragon 400 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1GB.

Seperti yang dikutip dari GSM Arena (27/04/2014), Samsung Tizen OS ini nantinya akan menggunakan layar berukuran antara 4.5 hingga 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel berteknologi Super AMOLED.